Radar Batang

PKS, Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas di Sekolah

PKS LatGab

LATGAB – Sejumlah tim PKS di saat melakukan latihan gabungan di Polres Batang.
NOVIA ROCHMAWATI

BATANG – Polres Batang turut menggandeng pelajar untuk menjadi bagian dari keselamatan berlalu lintas di sekolah. Salah satu bentuk kerja samanya adalah dengan adanya ekstra kurikuler Patroli Keamanan Sekolah (PKS). Untuk mengoptimalkan peran mereka sebagai pelopor keselamatan berlalu linta sekolah, Polres Batang rutin melakukan pembinaan. Seperti yang terlihat pada Minggu (25/11). Dimana Polres melakukan latihan gabungan tim PKS dari beberapa sekolah yang ada di Batang.

Kasat Binmas Polres Batang, AKP Raharja SH MH, menerangkan ada sekitar 150 siswa SMP-SMA sederajat yang mengikuti latihan gabungan ini. Menurutnya untuk mendukung pembangunan nasional diperlukan situasi dan kondisi yang aman dan tertib. Atas dasar itulah pihaknya bertugas bertanggungjawab untuk melakukan pembinaan. Salah satunya pada pelajar yang termasuk dalam generasi muda bangsa.

“Sudah menjadi tugas dan peranan kami dalam menjaga kondisi sekitar aman dan tertib. Meski begitu kami tetap butuh peranan masyatakat. Salah satunya para pelajar ini. Oleh karenanya kami lakukan pembinaan dengan wadah yang dinamai PKS. Dan kami kumpulkan beberapa tim PKS ini juga untuk menyamakan persepsi. Dan menyamakan materi pembinaan. Salah satu materinya diantaranya menyamakan persepsi senam lalu lintas,” jelas Raharja.

Ditambahkan, PKS merupakan salah satu ekskul di sekolah yang mempunyai tujuan agar para pelajar dapat menjadi Pelajar yangg mempunyai kedisiplinan tinggi, Rasa nasionalisme yang tinggi, fisik yang kuat, mental dan kepribadian yang tangguh. Serta memiliki pengetahuan Hukum yg memadai, Anti Narkoba serta mempunyai kesadaran dan peran serta di bidang kamtibmas.

Raharja mengapresiasi kinerja pembina PKS di masing-masing sekolah. Harapannya dengan ini pelajar tidak lagi terlibat dalam pelanggaran lalu lintas. Serta tidak pula menjadi kalangan yang terlibat dalam kecelakaan lalu lintas. Ia berharap pelajar bisa menjadi contoh baik di lingkungan sekitarnya.

“Terima kasih kepada para Pembina PKS dari masing-masing sekolah maupun yangg telah bekerja keras untuk melatih dan membina anak didiknya untuk menjadi anggota PKS yang handal. Semoga dengan pelatihan gabungan yang kita laksanakan kali ini dapat memantapkan kemampuan mereka. Dan juga dapat membekali peserta menjelang pelaksanaan Jumpa Lomba Gembira (Jumbara) pada bulan Desember tahun 2018,” tandasnya. (nov)

Facebook Comments