Gelar Ekskul Rutin BTQ

oleh -
Gelar Ekskul Rutin BTQ
BELAJAR - Para siswa SMP Muhammadiyah Pencongan tengah menggelar kegiatan pembelajaran. EKA ISDITYA
Gelar Ekskul Rutin BTQ
BELAJAR – Para siswa SMP Muhammadiyah Pencongan tengah menggelar kegiatan pembelajaran.
EKA ISDITYA

WIRADESA – SMP Muhammadiyah Pencongan tengah berupaya menggalakkan pendidikan berbasis keagamaan yang kental. Bekal ilmu agama menjadi poin penting yang ingin senantiasa diberikan kepada para siswanya. Salah satu program yang tengah digalakkan ialah melalui kegiatan ekstrakurikuler dan pembiasaan Baca Tulis Quran (BTQ).

Kepala SMP Muhammadiyah Pencongan, Saerozi SH, mengungkap kemampuan membaca dan menulis huruf hijaiyah merupakan keahlian yang wajib dimiliki oleh para siswanya. Selain sebagai pendukung kegiatan pembelajaran di sekolah, membaca dan menulis lafadz Alquran dengan benar dan lancar menjadi bekal para siswa dalam menjalankan ibadahnya.

Untuk meningkatkan kemampuan para siswanya tersebut, pihaknya rutin menggelar kegiatan ekstrakurikuler BTQ setiap hari Rabu sore serta rutin melaksanakan pembiasaan BTQ selama tiga hari dalam satu minggu. “Untuk pembiasan BTQ kami laksanakan setiap hari Senin, Selasa dan Rabu. Kegiatan dimulai dari jam ke 0 sampai dengan jam 7, sedangkan untuk ekskulnya ada sendiri,” ujar Pak Saerozi, sapaan karibnya.

Sebagai sekolah berbasis keagamaan, pihaknya berharap agar para siswanya memiliki kemampuan lebih, khususnya di bidang keagamaan. “Jadi diawal masuk atau Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), kami adakan seleksi Baca Tulis Quran (BTQ). Kegiatan tersebut bukan untuk menentukan siswa diterima atau tidak, melainkan untuk mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuannya dalam menulis dan membaca Alquran,” imbuhnya.

Seleksi BTQ tersebut menjadi agenda penting untuk memetakan potensi siswanya sehingga berpengaruh terhadap penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran terhadap tiap-tiap siswanya. (yak)

PENULIS: EKA ISDITYA