Metro Pekalongan

Alhamdulillah, Guru Non PNS Peroleh Tasharuf Zakat

Alhamdulillah, Guru Non PNS Peroleh Tasharuf Zakat

BERI – Ketua Dikdasmen PDM Kota Pekalongan memberikan bantuan kepada kepala sekolah yang mewakili mendapatkan tasharuf zakat.
MALEKHA

KOTA – Sebanyak 360-an guru-guru non PNS dan non sertifikasi, yang mengabdi di lingkungan sekolah Muhammadiyah, mendapatkan tasharuf zakat dari Lazis Muhammadiyah Kota Pekalongan di Kantor Lazismu, Kamis (22/11).

Manajer Lazismu Kota Pekalongan, Sugeng Pratikno, menyampaikan penyaluran zakat bagi para guru non PNS dan non sertifikasi sudah berjalan 15 tahun. Namun biasanya hanya disalurkan langsung ke sekolah, tanpa dikumpulkan terlebih dahulu.

“360-an lebih guru ini kita ambil mulai dari SMK Muhammadiyah 63 guru, MTs Muhammadiyah 8 guru, SMP Muhammadiyah 15 guru, sisanya adalah guru-guru yang mengabdi di SD dan TK ABA,” ungkap Sugeng.

Meskipun jumlah yang disalurkan tidak banyak, namun Sugeng berharap penyaluran zakat tersebut mampu memberikan kegembiraan bagi para guru yang masih belum mendapatkan kesejahteraan dengan profesinya.

“Kalau kita lihat guru-guru masih jauh dibilang kata sejahtera bagi yang non PNS dan non sertifikasi, maka kita berusaha memikirkan bagaimana caranya bisa sedikit membantu bagi para guru-guru kita,” imbuhnya.

Dengan semangat menghadirkan kegembiraan, syarat untuk mendapatkan tasharuf zakat pun tidak dipersulit. Para guru yang sudah terdaftar sebagai karyawan di sekolah Muhammadiyah boleh diajukan tanpa ada batasan waktu pengabdian.

“Karena guru adalah pekerjaan yang mulia yaitu mencerdaskan anak bangsa, maka kita juga harus memikirkan bagaimana bisa mensejahterakan mereka agar bisa optimal dalam mendidik, dan rencananya program ini di tahun 2019 bisa terlaksana minimal 2 kali dalam setahun, namun bisa jadi lebih tergantung zakat yang didapat oleh Lazismu,” ucap Sugeng.

Pihaknya berharap, kedepan mudah-mudahan kesejahteraan dari teman-teman non PNS dan sertifikasi bisa lebih diperhatikan lagi oleh Pemerintah. Serta para muzaki bisa lebih banyak lagi menyalurkan zakat dan infak. (mal)

PENULIS: MALEKHA

Facebook Comments