Radar Pendidikan

Workshop, Bekali Kreatifitas Siswa

Workshop, Bekali Kreatifitas Siswa

BEKAL – Suasana pembekalan dalam workshop yang diselenggarakan Pemerintah Kota Pekalongan bersama SMK DP.
MALEKHA

KOTA – Guna menarik minat dan bakat dalam pembuatan konten-konten kreatif, Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Pekalongan bekerjasama dengan SMK Dwija Praja menggelar workshop Animasi 3D, Videografi, dan Fotografi di Aula SMK Dwija Praja Kota Pekalongan, Jumat (23/11).

Workshop diisi narasumber Ichwan Kurniawan, dosen STMIK Widya Pratama Kota Pekalongan dan dihadiri oleh Plt. Dinkominfo Kota Pekalongan Sri Budi Santoso, para pelajar dari SMK Dwija Praja, serta siswa-siswi SMP se-Kota Pekalongan beserta guru pendamping.

Kabid PSID Dinkominfo Kota Pekalongan, Harry Rudianto, dalam laporannya mengatakan tujuan workshop untuk mengarahkan para pelajar dalam pembuatan animasi 3D, videografi, dan fotografi sekaligus membekalinya untuk tergabung dalam industri kreatif. Kegiatan workshop ini berlangsung selama 2 hari yaitu 23-24 November 2018 yang mana hari pertama berisi pemaparan teori dan dilanjutkan dengan praktek di keesokan harinya.

Dikatakan Plt. Dinkominfo Kota Pekalongan, Sri Budi Santoso yang hadir membuka workshop ini sekaligus memberikan motivasi kepada para peserta bahwa dunia konten kreatif sangat menarik dan menjanjikan untuk ditekuni di masa mendatang dan mampu menghasilkan ladang uang bagi mereka yang serius menekuninya.

“Zaman sekarang sudah berbeda dengan jaman dulu yang masih mengembangkan di sektor pertanian dan peternakan yang dianggap sebagian orang bisa sukses, namun sekarang era nya sudah memasuki era revolusi industri yang semuannya sudah berbasis IPTEK dan kecanggihan internet,” ungkap Sri Budi.

Salah satu kemampuan penguasaan internet yaitu melalui keahlian di bidang konten kreatif. Hal ini menjadi kemampuan dasar dan kompetensi inti yang dimiliki orang entah apapun profesinya sehingga menurutnya sangat tepat belajar sejak dini tentang konten-konten kreatif.

“Keahlian pembuatan konten kreatif dalam hal ini kaitannya dengan animasi 3D, videografi, dan fotografi menuntut siswa untuk belajar teknologi-teknologi baru yang diharapkan nantinya masyarakat khususnya komunitas muda tidak hanya semata-mata menjadi konsumen penikmat internet yang hanya bisa menghabiskan waktu saja tetapi juga bisa menjadi produsen dan anak yang produktif,” ujarnya.

Sri Budi menambahkan bahwa setelah workshop diharapkan ada dukungan dari para guru pendamping, untuk senantiasa mendampingi dan mengarahkan para siswanya yang ingin belajar dunia konten kreatif dan bisa membentuk suatu komunitas yang terdiri dari kaum-kaum muda yang kreatif dan inovatif.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Dwija Praja, Kadaryono menyampaikan ucapan terimakasih karena SMK Dwija Praja telah diberikan kesempatan melakukan kerjasama dengan Pemkot dan OPD tekait serta pihak sponshorsip yang membantu terselenggaranya kegiatan ini.
“Acara ini bagus sekali dan sangat bermanfaat. Harapannya para siswa kedepan dapat mengerti tentang animasi 3D, videografi, dan fotografi serta mempraktekkan ilmu yang sudah didapat di workshop ini.” (mal)

PENULIS: MALEKHA

Facebook Comments