Siswa Diajak Peduli Lingkungan

by
MAN Insan Cendekia Pekalongan
MENANAM - Siswa dari lima sekolah peduli lingkungan tengah menanam pohon bersama di MAN Insan Cendekia Pekalongan, Jumat (23/11). FAKHRUN NISA
MAN Insan Cendekia Pekalongan
MENANAM – Siswa dari lima sekolah peduli lingkungan tengah menanam pohon bersama di MAN Insan Cendekia Pekalongan, Jumat (23/11).
FAKHRUN NISA

KOTA PEKALONGAN – Sebanyak 200 pohon ditanam oleh siswa dari lima sekolah peduli lingkungan di MAN Insan Cendekia Pekalongan pada Jumat (23/11).

Kegiatan menanam pohon tersebut digelar dalam acara Penanaman Pohon Bersama Sekolah Peduli Lingkungan Serta Sosialisasi Komponen Sosial, Ekonomi, Budaya, dan Kesehatan Masyarakat yang bertempat di Aula MAN Insan Cendekia Pekalongan.

Acara penanaman pohon dan sosialisasi merupakan kerja sama antara Cabang Dinas Kehutanan Wilayah IV Dinas LHK Provinsi Jawa Tengah, Dinas Lingkungan Hidup Kota Pekalongan, Tokoh Masyarakat, Sekolah Adiwiyata SMAN 1 Kajen, dan MAN Insan Cendekia Pekalongan.

Disebutkan, lima sekolah peduli lingkungan yang terlibat dalam kegiatan tersebut adalah MAN Insan Cendekia Pekalongan, SMAN 1 Kajen dan sekolah binaan adiwiyatanya yaitu SMPN 1 Kajen, SMPN 2 Kajen, dan SD Muhammadiyah 01 Pekajangan.

Dalam kegiatan Kepala SMAN 1 Kajen Heti Puryanti, menyampaikan beberapa hal terkait dengan sekolah adiwiyata. Menurutnya, peran masyarakat dalam menciptakan sekolah adiwiyata sangat penting. Ia juga menegaskan bahwa adiwiyata bukanlah suatu lomba, melainkan sebuah predikat.

“Adiwiyata itu bukan lomba. Adiwiyata adalah sebuah predikat yang diberikan kepada satuan pendidikan, mulai dari jenjang dasar, SD/MI, SMP/MTs, sampai SMA/SMK/MA. Sekolah adiwiyata membutuhkan semua warga sekolah untuk peduli pada lingkungan, termasuk peran masyakarat diperlukan dalam kegiatan-kegiatan adiwiyata,” tutur Heti, sapaan akrabnya.

Heti juga menambahkan bahwa SMAN 1 Kajen kini tengah dalam proses menuju Adiwiyata Mandiri. Menurutnya, perjuangan untuk menjadi sekolah adiwiyata cukup berat. Ia berharap seluruh warga sekolah dapat peduli terhadap lingkungan sehingga sekolah menjadi bersih dan sehat sehingga pembelajaran akan berjalan dengan nyaman.

Hal senada juga diungkapkan oleh perwakilan dari Cabang Dinas Kehutanan Wilayah IV Dinas LHK Provinsi Jawa Tengah, Riyanto. Menurutnya, kegiatan tersebut bertujuan untuk menanamkan jiwa hidup sehat dan peduli lingkungan dalam diri siswa.

“Saya mengharapkan dalam pertemuan kali ini, kita semua bisa menanamkan jiwa untuk hidup sehat dan peduli lingkungan dengan cara menanam pohon dan tidak membuang sampah sembarangan,” tandasnya. (run)