MTQ dan Tilawah, Ekskul Unggulan

oleh -
MTQ dan Tilawah, Ekskul Unggulan
BELAJAR - Siswa MI Walisongo Karangdowo 02 tengah melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. FAKHRUN NISA
MTQ dan Tilawah, Ekskul Unggulan
BELAJAR – Siswa MI Walisongo Karangdowo 02 tengah melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas.
FAKHRUN NISA

KEDUNGWUNI – MI Walisongo Karangdowo 02 mempunyai beberapa kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) yang diperuntukkan bagi seluruh siswa, diantaranya drumband, pramuka, rebana, serta MTQ dan tilawah. Dari empat program ekskul tersebut, MTQ dan tilawah merupakan salah satu ekskul unggulan yang sering mendapatkan prestasi di berbagai kejuaraan MTQ.

Kepala MI Walisongo Karangdowo 02, Musaini, menuturkan ekskul MTQ dan tilawah telah ada sejak tahun 2005 silam. Setiap tahun, ekskul MTQ dan tilawah selalu membuahkan prestasi bagi sekolah yang berada di dekat Balai Desa Karangdowo ini.

“Ekskul unggulan yang sering dapat prestasi adalah MTQ dan tilawah. Sebelum saya masuk ke sini untuk mengajar ekskul itu sudah ada, dan Alhamdulillah setiap tahun bisa mendapatkan prestasi di bidang MTQ dan tilawah, baik di tingkat kecamatan, kabupaten, maupun provinsi,” ujarnya.

Lebih lanjut Musaini menyebutkan, prestasi terbaru di bidang MTQ dan tilawah diraih pada ajang MTQ pelajar tingkat Kecamatan Kedungwuni pada Juli 2018. Di tingkat Kabupaten Pekalongan, siswa MI Walisongo Karangdowo 02 berhasil meraih juara III MTQ kategori umum.

Disebutkan, kegiatan ekskul di MI Walisongo Karangdowo 02 diselenggarakan setiap Kamis. Secara bergiliran, empat program ekskul mengadakan latihan dan diikuti oleh siswa. Untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam tampil di depan umum, Musaini juga sering melibatkan siswa dalam kegiatan-kegiatan di desa.

“Kalau ada kegiatan di desa, kami ikut melibatkan siswa kami. Seperti dalam kegiatan maulid nabi, siswa kami ajak untuk tampil membacakan tilawah. Begitu juga dengan drumband. Hal tersebut sekaligus untuk mempromosikan potensi putra daerah yang menjadi kebanggaan masyarakat,” imbuhnya.

Selain MTQ, MI Walisongo Karangdowo 02 juga sering memperoleh prestasi di bidang pidato, baik bahasa Jawa, bahasa Arab, maupun bahasa Indonesia. Musaini juga tengah berusaha untuk meningkatkan prestasi di bidang akademik agar seimbang. Salah satu upaya yang ia lakukan adalah memberikan jam tambahan kepada siswa kelas 6 sejak semester satu. (run)

PENULIS: FAKHRUN NISA