Radar Batang

ASN Harus Bisa Menjadi Thauladan Bagi Keluarga dan Lingkunganya

Dok Istimewa
Bupati Wihaji saat menjadi pembicara pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dilingkungan Pemkab Batang.

BATANG – Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di lingkungan Pemkab Batang diminta untuk bisa menjadi thauladan. Jangan hanya pandai berbicara, tapi juga harus bisa menjadi contoh bagi keluarganya maupun masyarakat dan lingkungan kerjanya.

“Menjadi pribadi yang bermanfaat adalah salah satu karakter yang harus dimiliki oleh seorang muslim, karena setiap muslim diperintahkan untuk memberikan manfaat bagi orang lain,” ujar Bupati Batang, Wihaji saat menjadi pembicara peringatan Hari Lahir Nabi Muhammad SAW di jajaran birokrasi di Pendopo Kantor Bupati setempat, Senin (19/11).

Wihaji menegaskan, sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain. Manfaat tersebut, nantinya akan kembali pada diri sendiri.

“Sebagai muslim, kita dapat mengambil hikmah dari thauladan Nabi Muhammad SAW. Beliau selalu berbuat baik, termasuk pada musuh dan yang membecinya pun Beliau tidak pernah punya rasa dendam dan selalu baik kepada mereka, apalagi dengan umatnya sendiri. Kalau pingin disenangi orang hanyak cukup dengan berbuat baik, tapi tidak cukup berbuat baik saja namun juga memperbaiki agar menjadi baik,” jelas Wihaji.

Ditambahkan, banyak pelajaran yang dapat ambil dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, salah satunya adalah kesebaran seperti saat beliau Nabi Muhammad berdakwah. Beliau sering mendapatkan hujatan, tetapi tetap bersabar dengan hati yang lemah lembut.

“Empat karakter Rasullulah seperti Sidik, Amanah, Tablik dan Fatanah hendaknya selalu kita pakai dalam kehidupan sehari-hari kita,” tandas Wihaji. (rls)

Facebook Comments