Metro Pekalongan

Tenang, Bulog Pastikan Stok Beras Aman

KOTA PEKALONGAN – Menghadapi libur Natal dan Tahun Baru, Bulog Sub Divre VI Pekalongan memastikan ketersediaan beras bagi wilayah eks Karesidenan Pekalongan aman untuk jangka waktu enam bulan ke depan. Saat ini Bulog memiliki cadangan beras sebanyak 39.000 ton yang dipastikan dapat mencukupi kebutuhan masyarakat.

“Untuk hadapi Natal dan Tahun Baru mendatang, stok kami di Bulog Sub Divre VI Pekalongan sangat cukup untuk wilayah eks Karesidenan Pekalongan. Stok beras sebanyak 39.000 kami pastikan bisa memenuhi kebutuhan hingga enam bulan ke depan,” tutur Kepala Bulog Sub Divre VI Pekalongan, Rasiwan.

Mengenai upaya menjaga stabilitas harga, sebagai langkah antisipasi dikatakan Rasiwan pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas terkait di seluruh wilayah. “Harga beras medium saat ini masih stabil, untuk premium ada kenaikan. Ini akan dijadikan antisipasi. Sebelumnya tren kenaikan harga beras sudah kami antisipasi dari semester 2 bersama dinas terkait dan Satgas Pangan di seluruh wilayah untuk,” katanya.

Selain stok beras, dikatakannya Bulog juga memiliki stok bahan makanan lain yang siap didistribusikan dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat pada momen Natal dan Tahun Baru. Diantaranya gula dari petani yang diserap sebanyak 1.800 ton, minyak goreng sebanyak 26.000 liter, terigu 300 ton, bawamg merah 26 ton serta daging beku sebanyak 900 kilogram.

“Bulog sudah siapkan cadangan beberapa komoditi selain beras. Cadangan bahan pangan tersebut dapat sewaktu-waktu didistribusikan jika di lapangan terjadi kelangkaan maupun kenaikan harga. Yang jelas untuk stok komoditi dan bahan makanan, utamanya beras, kami di Bulog memastikan dapat mencukupi kebutuhan termasuk untuk mengantisipasi Natal dan Tahun Baru,” tandasnya. (nul)

Facebook Comments