Radar Bisnis

Honda Kembali Raih SQ Award

Honda SQ Award

PENGHARGAAN – Perwakilan dari manajemen PT AHM menerima penghargaan Service Quality Award 2018 Kategori Diamond untuk layanan purna jual terbaik, Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

SEMARANG – Layanan purna jual unggulan Honda, Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) berhasil kembali meraih penghargaan Service Quality (SQ) Award 2018 pada kategori Diamond. Penghargaan tertinggi dalam ajang SQ Award ini menunjukkan kualitas dan komitmen layanan purna jual terbaik Honda melalui 3.750 jaringan AHASS yang tersebar di seluruh Indonesia.

Komitmen Honda untuk terus meningkatkan layanan purna jual menyesuaikan keadaan dan segmentasi konsumen terus dilakukan. Hal ini tentu didukung oleh peran dari pemilik AHASS, sekitar 19.000 teknisi terlatih dan berpengalaman serta seluruh karyawan AHASS. Berbagai layanan servis pun ditawarkan AHASS seperti booking service (layanan pemesanan waktu servis), pit express (servis bebas antri dan cepat untuk konsumen yang membutuhkan penggantian oli/ spare part tertentu), service visit (layanan AHASS datang mengunjungi konsumen baik di rumah maupun di kantor), service reminder (layanan pengingat konsumen untuk jadwal servis berikutnya lewat SMS dan/atau telepon) serta berbagai layanan yang siap memanjakan konsumen setia sepeda motor Honda.

General Manager Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Wedijanto Widarso mengatakan hal ini merupakan wujud apresiasi bagi setiap insan layanan purna jual Honda di seluruh Indonesia. Tentunya hal ini akan memacu Honda untuk terus melakukan inovasi dan meningkatkan layanan konsumen di seluruh jaringan AHASS di Indonesia sesuai perkembangan pasar.

“Terima kasih atas kepercayaan konsumen terhadap layanan purna jual yang telah kami berikan sehingga mengantarkan kami untuk mendapat penghargaan ini. Perkembangan pasar dan segmentasi konsumen kami yang semakin beragam membuat kami sadar untuk terus menyesuaikan dan terus meningkatkan pelayanan di seluruh jaringan AHASS,” ujar Wedijanto.

Service Quality Award 2018 diselenggarakan oleh lembaga Carre – CCSL (Center for Customer Satisfaction & Loyalty) bekerja sama dengan majalah Service Excellence. Ajang penghargaan ini diberikan setelah penyelenggara melakukan survey kepada lebih dari 3.500 responden di 4 kota besar di Indonesia (Jakarta, Surabaya, Medan, dan Semarang) pada kurun waktu Januari – Maret 2018.

Survei dibentuk dari 2 Dimensi yaitu Perceive Service Quality (PSQ) atau persepsi pelanggan terhadap kualitas service yang mereka nikmati dan Perceived Service Value (PSV) atau persepsi pelanggan mengenai kesetaraan uang atau biaya yang mereka keluarkan dibandingkan service yang mereka terima dan nikmati.

PSQ memfokuskan 4 KPI (Key Performance Index) utama service yang mewakili Moment of Truth (MoT), yaitu service accessibility (dapat mengakses pusat layanan oleh pelanggan), service process (prosedur dan elemen yang terkait dengan proses layanan), people (mereka yang berinteraksi langsung dengan pelanggan) dan service solution (kualitas penanganan pengaduan).

Setelah melakukan survei, penyelenggara menetapkan sejumlah perusahaan yang berhak mendapatkan SQ Award. Penghargaan ini dibagi dua yaitu, Diamond, perusahaan yang mempunyai Service Quality Index (SQI) di atas 4.000 dan di atas rata-rata industrinya sedangkan jenis penghargaan Gold diterima oleh perusahaan yang mempunyai SQI di atas 4.000 tetapi di bawah rata-rata industrinya atau mempunyai SQI di atas 3.500-3.999 dan diatas rata-rata industrinya. Dalam riset ini Honda mendapat nilai 40674 sehingga mendapatkan SQ Award 2018 kategori diamond.

Dengan didapatnya penghargaan SQ Award, Visiawan Andhika selaku Technical Service Region Head Astra Motor Jateng semakin berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik yang sejalan dengan nilai Satu Hati melalui 345 jaringan AHASS dan 2115 orang teknisi terlatih dan berpengalaman yang tersebar di wilayah operasional Main Dealer Astra Motor Jateng.

“Pencapaian ini merupakan bukti nyata bahwa AHASS selalu memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Dengan kepuasan dan kenyamanan konsumen sebagai fokus utama bisnis Honda, kami selalu mengembangkan jaringan kami agar memiliki pelayanan yang terstandarisasi sehingga konsumen mendapat pengalaman yang menyenangkan selama kunjungannya ke AHASS,” tutup Visiawan. (nang)

Facebook Comments