Radar Kendal

Kreatif, Desa Ini Promosikan Ratusan Industri Rumahan

Kreatif, Desa Ini Promosikan Ratusan Industri Rumahan

PROMOSIKAN – Desa Tambaksari menggelar Culture Festival promosikan ratusan industri rumahan berbahan baku olahan ikan.
NUR KHOLID MS

KENDAL – Desa Tambaksari baru-baru ini menggelar even kreatif ‘Culture Festival’. Kegiatan itu menanpilkan semua usaha rumahan berbahan baku olahan ikan. Acara tersebut digagas selain untuk mengenalkan budaya dan indutri rumahan kepada warga desa juga kepada warga luar desa bahkan luar kecamatan dan kabupaten.

Hal itu dibenarkan Kepala Desa Tambaksari, Untung Mujiono, Jumat (16/11). Kata dia, Cultur Festival itu digelar selama sehari, sejak pagi hingga malam hari. Tujuanya untuk ajang promosi dan diskusi. “Ada beberapa tokoh kami hadirkan di acara itu, salah satunya anggota DPRD Kendal. Mereka berdiskusi dan sekaligus memberi masukan ke desa untuk dapat mengembangkan industri rumahan dan menggali potensi desa lainnya,” katanya.

Menurut Untung, sejak awal banyak usaha tambak ikan air tawar yang dikembangkan warga desanya. Namun seiring waktu, banyak areal tambak dikonversi untuk perumahan. Anehnya, meski areal tambak menyusut, namun industri olahan ikan justru menjamur di perumahan.

Saat ini, kata dia, ada 150 indutri rumahan yang tercatat di Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kendal. Semuanya berbahan baku ikan. “Dari ragam industri pengolahan ikan ini, ada industri pengeringan ikan atau ikan asin, pengolaha ikan dengan pengasapan, pengolahan ikan dengan pemindanhan, dan budidaya ikan lele,” tukasnya.

Terpisah, anggota DPRD Kabupaten Kendal, Munawir, yang ikut hadir mengatakan, sebuah langkah kreatif dilakukan oleh Desa Tambaksari. Pihaknya tidak segan-segan membantu karena semangat warga untuk maju yang tinggi. “Industri rumahan di desa tersebut bervariasi dan warganya mau diajak maju. Bahkan mereka berkelompok untuk membuat industri rumahan sehingga tidak lantas berpangku tangan, mereka mambuka usaha sendiri, tidak bergantung orang lain,” katanya (nur)

PENULIS: NUR KHOLID MS

Facebook Comments