Metro Pekalongan

Ingat Ini, Satu Arah Cempaka-Teratai Khusus Mobil

Sistem Satu Arah

ILUSTRASI

KOTA PEKALONGAN – Hasil evaluasi terhadap penerapan sistem satu arah (SSA) tahap ketiga di Jalan Cempaka dan Jalan Teratai, Dinas Perhubungan Kota Pekalongan memutuskan akan melakukan beberapa perubahan. Salah satunya yakni penerapan sistem satu arah di ruas jalan tersebut hanya diberlakukan khusus untuk kendaraan roda empat atau lebih. Sedangkan roda dua atau sepeda motor, tetap diberlakukan dua arah.

Kepala Dinhub Kota Pekalongan, Slamet Prihantono, mengatakan berdasarkan hasil evaluasi setelah uji coba sebulan terakhir didapatkan kesimpulan bahwa kebutuhan masyarakat dan pengendara roda dua terhadap sistem dua arah di ruas jalan tersebut masih tinggi.

“Masukan banyak, salah satunya dari hasil komunikasi dengan sekolah di sekitar. Ternyata kebutuhan akses dua arah masih tinggi,” tuturnya.

Sehingga dikatakan Totok, sapaan akrabnya, Dinhub memutuskan akan mengubah penerapan sistem satu arah disana. Khusus kendaraan roda dua, tetap diperbolehkan melintas dari dua arah namun untuk kendaraan roda empat atau lebih diterapkan satu arah. Itupun, hanya diberlakukan sejak pukul 06.00 pagi hingga pukul 18.00 sore. Lebih dari jam tersebut, roda empat atau lebih bisa melintas dua arah.

“Pada rapat berikutnya, perubahan sistem itu akan kami tetapkan bersama. Selain itu kami juga sampaikan bahwa akan mulai dilakukan penindakan terhadap para pelanggar mulai dari peringatan hingga penilangan. Kami sudah pasang rambu permanennya semoga kedepan arus lalu lintas di ruas jalan tersebut akan lebih lancar,” harap Totok.

Dikatakan Totok, biasanya penindakan akan dimulai sebulan setelah pemasangan rambu permanen. Meski begitu, pihaknya tetap akan melakukan pengamatan dan memberikan peringatan kepada para pelanggar. Dinhub juga sudah berkordinasi dengan Kepolisian agar juga melakukan penindakan terhadap para pelanggar baik peringatan atau penilangan.

“Sebelumnya selama uji coba masih banyak pelanggaran-pelanggaran dan pertanyaan kenapa diterapkan sistem satu arah. Kedepan semoga masyarakat bisa mendukung dan mentaati aturan yang sudah ditetapkan,” harapnya. (nul)

PENULIS: M AINUL ATHO

Facebook Comments