Radar Kendal

Siswa SD Ini Datangi Gedung DPRD

SD Muhammadiyah Weleri

RAPAT – Anak- anak SD Muhammadiyah Weleri saat mencoba memimpin rapat di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Kendal.
AKHMAD TAUFIK

KENDAL – Siswa-siswi SD Muhammadiyah Weleri berkesempatan mengikuti field trip ke kantor DPRD dan Satlantas Polres Kendal, Jumat (16/11). Dalam kegiatan tersebut, anak-anak bisa merasakan bagaimana menjadi anggota dewan.

Rombongan yang didampingi Kepala SD Muhammadiyah Weleri itu disambut sejumlah anggota DPRD. Para siswa langsung diajak masuk ke ruang paripurna.
Mereka sangat antusias serasa menjadi seorang anggota dewan. Bahkan saat salah satu anggota DPRD Kabupaten Kendal memberikan materi singkat kaitannya dengan DPRD para peserta Fiel Trip menyimak dengan seksama.

Kepala SD Muhammadiyah Weleri, Sriyanta SPdi mengatakan, Field Trip memang sudah menjadi agenda rutin dengan lokasi-lokasi yang berbeda menyesuaikan dengan tema yang ada pada mata pelajaran. Kebetulan, kali ini lokasinya kunjungan ke DPRD kemudian Satlantas Polres Kendal. Dengan Field Trip ke DPRD, diharapkan anak-anak paham apa itu DPRD, apa tugas dan fungsinya serta ada gambaran bagaimana suasana saat sidang paripurna.

“Ini adalah pengalaman yang luar biasa bagi anak-anak. Setelah acara ini tentunya anak-anak tidak tabu lagi apa itu DPRD, sehingga kami berharap kegiatan ini dapat menambah pengetahuan peserta didik,” ungkapnya.

Usai menjajal menjadi anggota dewan, siswa-siswi SD Muhammadiyah Weleri melanjutkan tournya ke markas Satlantas Polres Kendal dan di lokasi tersebut anak-anak langsung berinteraksi dengan anggota Satlantas. Mereka diedukasi apa saja tugas satlantas, aturan-aturan lalu lintas, dan sebagainya.

“Dengan kunjungan ke Satlantas maka diharapkan tidak ada lagi anggapan polisi itu menakutkan. Bahkan sebaliknya, polisi itu baik sebagai penegak aturan. Selain itu, anak-anak juga mendapat pengalaman tentang aturan-aturan lalu lintas,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu anggota DPRD dari Fraksi PDI P, Wiwit Widiyati mengatakan, dirinya sangat senang dapat berbagi ilmu dan mengedukasi anak-anak tentang DPRD. Ia juga menyatakan bahwa pengetahuan tentang wakil rakyat harus diajarkan sejak dini supaya mereka memiliki gambaran riil, sehingga tidak hanya melihat di televisi saja yang mayoritas kisruh. Setidaknya anak-anak paham apa tugas dan fungsi anggota dewan.

“Sangat senang sekali berbagi ilmu dengan anak-anak, saya yakin ini pengalaman yang luar biasa sehingga kami juga sangat mendukung sekali. Harapannya anak-anak memiliki gambaran tentang DPRD, saya doakan dari sekian banyak anak-anak dari SD Muhammadiyah Weleri ada yang menjadi anggota dewan,” katanya. (fik)

Facebook Comments