Radar Pendidikan

Cegah Radikalisme, Sekolah Ini Gandeng Kodim

MAN 1 Kota Pekalongan

DISOSIALISASIKAN – Kepala Staf Kodim Pekalongan Mayor Hufron menyosialisasikan nilai-nilai Nasionalisme kepada peserta didik.
MALEKHA

KOTA PEKALONGAN – Virus terorisme telah menyebar ke semua lini, dimulai dari usaha memudarkan nilai-nilai nasionalisme terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Bahkan bendera orang lain lebih selalu dikibarkan dalam kegiatan tertentu, sedangkan bendera sendiri hanya sedikit yang dikibarkan.

Itulah yang menjadi keprihatinan Kepala MAN 1, Drs H Ahmad Najid MPdI, kepada generasi muda, khususnya pada peserta didik di MAN 1 Kota Pekalongan. “Perlu dilakukan upaya pencegahan radikalisme, dan upaya menanamkan kembali nilai-nilai Nasionalisme kepada peserta didik. Tidak hanya itu kita juga perlu diingatkan kembali tentang wawasan nusantara, tentang bahaya radikalisme. Siapa lagi kalau bukan kita Pemuda Indonesia,” ucapnya dalam sambutan.

Ketua Panitia Pelatihan Kepemimpinan Dasar Lanjutan, Drs H Makmur MAg, menyampaikan kegiatan itu bekerjasama dengan mendatangkan pemateri dari Kodim Pekalongan. “Semoga dengan adanya kerjasama antara MAN 1 Kota Pekalongan dan Kodim Pekalongan, bisa memberikan wawasan kebangsaan bagi siswa juga mengokohkan kembali semangat Nasionalisme pada peserta didik MAN 1 Kota Pekalongan,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut Mayor Hufron, sebagai Kepala Staf Kodim Pekalongan menyampaikan tentang Penanaman Nasionalisme dalam Organisasi Kesiswaan.

Dalam materinya, Mayor Hufron menyampaikan bahwa OSIS sebagai organisasi intra sekolah juga harus berpartisipasi dalam memajukan negeri ini. Nilai-nilai luhur berupa semangat kesatuan, dan semangat gotong royong jangan sampai ditinggalkan.
“Karena dengan hilangnya nilai luhur tersebut, hilang pula rasa nasionalisme kita,” tuturnya.

Setelah penyampaian materi selesai, Mayor Hufron mengajak seluruh peserta untuk meneriakkan ‘NKRI harga Mati’ di sela-sela foto bersama. (adv/mal)

Facebook Comments