Radar Kajen

Dana Desa Masih Diprioritaskan untuk Infrastruktur

Renovasi Pemakaman

MERENOVASI – Warga tengah merenovasi salah satu area pemakaman yang ada di Desa Watusalam.
FAKHRUN NISA

Pembangunan infrastruktur dengan memanfaatkan dana desa masih menajdi prioritas bagi Desa Watusalam Kecamatan Buaran. Beberapa infrastruktur yang dibangun dan diperbaki adalah jembatan, jalan, drainase, dan bedah rumah.

Salah satu Perangkat Desa Watusalam M Zakariyya menuturkan, pada tahun 2018 sebanyak 33 rumah dibedah. Proses bedah rumah tersebut akan memasuki tahap akhir pada awal Desember mendatang.

“Bedah rumah di Desa Watusalam masih berjalan. Ada tiga kali tahapan dengan jumlah rumah yang dibedah adalah 33 rumah. Awal Desember nanti adalah tahap yang paling akhir,” ujar Zakariyya.

Pihak desa juga rajin memberikan stimulan dan pendampingan kepada masyarakat terkait program-program yang berkaitan dengan swadaya masyarakat, diantaranya pemugaran area pemakaman di Desa Watusalam. Ada empat tempat pemakaman yang dipugar, dibangun dinding, dan gapura, selama bulan Oktober lalu.

Setelah pembangunan infrastruktur maksimal, Desa Watusalam akan mulai melaksanakan peningkatan Sumber Daya Manusia pada 2019 mendatang. Pihak desa akan membangun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang berkaitan dengan ekonomi masyarakat desa. Selain itu, masyarakat Desa Watusalam yang belum tuntas pendidikan SMP juga akan diantu untuk bisa melanjutkan pendidikan setingkat SMA.

“2019 mulai pemberdayaan masyarakat. Rencananya produk-produk yang dihasilkan oleh masyarakat Watusalam akan kita tampung lewat karang taruna dan akan kami pasarkan melalui BUMDes tersebut,” lanjutnya.

Menurut Zakariyya, Watusalam merupakan wilayah industri, sehingga keberadaan BUMDes akan membantu masyarakat. Beberapa produk hasil industri Watusalam adalah sarung, kain mori, dan pemintalan benang. Sebagian besar masyarakat bekerja di dunia industri, sedangkan sebagian yang lain bekerja menjadi pekerja bangunan dan menjadi petani. (run)

Facebook Comments