Radar Kendal

Sering Dirazia, Angka Kecelakaan Disebut Menurun

Sering Dirazia, Angka Kecelakaan Disebut Menurun

RAZIA – Beberapa pengendara sepeda motor yang terjaring razia kendaraan dalam rangka operasi zebra Satlantas Polres Kendal pada Sabtu (10/11).
AKHMAD TAUFIK

KENDAL – Ratusan kendaraan bermotor terpaksa ditindak Salantas Polres Kendal dengan diberikan surat tilang lantaran terbukti melanggar peraturan lalu lintas. Sesuai data Satlantas Polres Kendal, intensitas kegiatan razia ternyata berdampak terhadap menurunnya angka kecelakaan di jalan raya.

Kasatlantas Polres Kendal, AKP Eddy Sutrisno menjelaskan, kegiatan razia digelar dalam rangka operasi zebra tahun 2018. Pihaknya rutin menggelar operasi kendaraan bermotor mulai dari pagi, siang, dan sore. Tak terkecuali di Hari Minggu, razia tetap dilaksanakan.

“Yang kami sasar ada tujuh poin pelanggaran, yakni tidak memakai helm, melawan arus, menggunakan hp saat berkendara, serta yang lainnya dengan potensi memicu kecelakaan lalu lintas,” ungkapnya, kemarin.

Seperti pada Sabtu (10/11), pihaknya menggelar razia di Jalan Soekarno-Hatta Kendal dengan jumlah tilang mencapai 150 pengendara. Secara umum, kata Eddy, pelanggaran masih didominasi karena tidak dapat menunjukan SIM. Beberapa kendaraan bahkan terpaksa diamankan ke Mapolres lantaran tidak dapat menunjukan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). “Ada 10 sepeda motor yang kami amankan karena tidak dapat menunjunan STNK,” imbuhnya.

Karena itu, AKP Eddy menghimbau masyarakat yang hendak berkendara supaya mempersiapkan segala kelengkapan berkendara, baik itu surat maupun kesiapan kendaraan itu sendiri. Kata dia, razia yang dilakukan semata-mata bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

“Alhamdulillah, selama ini kami giat melakukan razia ada efeknya, yakni kecelakaan lalu lintas menurun. Inilah manfaat operasi, bukan untuk polisi, tetapi demi kebaikan masyarakat pengguna jalan raya,” pesannya. (fik)

PENULIS: AKHMAD TAUFIK

Facebook Comments