Radar Batang

Tricogreen Bebaskan Tanaman Kentang dari Layu

Tricogreen Bebaskan Tanaman Kentang dari Layu

GEBYAR – Bagi petani kentang kini tidak usah takut lagi akan kegagalan panen diakibatkan tanaman menjadi layu karena ada Tricogreen produk ramah lingkungan. Terlihat sejumlah petani saat foto bersama dalam Gebyar SNN di Desa Gerlang, Bawang Batang kemarin.
IST

BAWANG – Bagi petani kentang kini tidak usah takut lagi akan kegagalan panen diakibatkan tanaman menjadi layu, sebab kini sudah ada spesialis produk untuk mengantisipasi sekaligus penanggulangan layu. Adalah Tricogreen produk ramah lingkungan yang dapat meningkatkan hasil tanaman kentang dan lainya.

Tricogreen merupakan Biofungisida berbahan dasar jamur Trichoderma yang efektif mengendalikan patogen/ jamur tular tanah. Produk ini aman terhadap lingkungan, hewan, dan manusia yang berfungsi untuk mengatasi layu tanaman kentang, akar gada, moler, trotol, layu fusarium.

Selain Tricogreen merupakan produk PT. Citra Nusa Niaga (CNN), adapula produk Stickpol perekat untuk meningkatkan efektifitas pestisida atau pupuk daun pada tanaman saat musim hujan. Perekat ini juga berfungsi membunuh lalat daun dan buah. Selanjutnya, penggunaan Super Natural Nutrition (SNN) Horti merupakan nutrisi untuk tanaman kentang sehingga batangnya bisa terisi dan kokoh.

Adapula Hortin D yang bagus untuk pertumbuhan tanaman kentang sehingga ketika tumbuh bisa merata. Perozin untuk pytoptora (busuk daun)dan alternaria (busuk kering). Untuk produk selanjutnya bagi tanaman kentang yang aman adalah Calsigro yang berfungsi melemaskan daun ketika daun keras.

Untuk itu, guna memaksimalkan hasil panen kentang, PT CNN melakukan demlot di kebun milik warga Desa Gerlang, Pedukuhan Dongkal, Kecamatan Blado Kabupaten Batang. Tak hanya itu saja, untuk mengenalkan produk digelar Gebyar SNN yang dihadiri sekitar 200 peserta dari empat kelompok tani.

Selain petani, kegiatan dihadiri oleh Tim SNN. Bahkan sangkin antusiasnya, adapula peserta dari Kabupaten Purworejo karena ingit tahu dalam implementasi produk yang ramah lingkungan.

Dalam Gebyar SNN, pembicara selaku pendamping petani, M Nashin menyampaikan bahwa produk Tricogreen ini cukup membantu petani kentang dalam mengantisipasi layu tanaman. “Produk ini ramah lingkungan, sehingga aman digunakan untuk tanaman,” terangnya.

Sementara didepan petani pria yang lebih dikenal, Mr Shin menyampaikan tiga prinsip petani sukses. Pertama adalah mencintai tanamanya sehingga akan membelikan makan dan produk yang ramah lingkungan. Kemudian, harap dengan memberikan makan dan produk ramah lingkungan maka petani berharap akan hasil yang melimpah.

“Prinsip ketiga adalah takut dari kegagalan yang diambil dari sumber tafsir iyyakana’budu, hanya kepadamu Ya Allah kami beribadah dengan Cinta Harap dan Takut, Cinta pada Allah, harap masuk surga dan takut neraka,” terangnya.

Sementara salah seorang petani, Bejo yang kebunya digunakan untuk area demplot menyatakan terimakasih karena dengan pendampingan banyak ilmu yang didapat. Terutama dalam mengatasi tanaman kentang yang layu.

“Selain pendampingan, produk ramah lingkungan sehingga tidak merusak. Dengan begitu anak cucu kita bisa ikut menikmati lingkungan yang sehat tanpa kimia,” katanya. (yon)

PENULIS: TRIO]YONO

Facebook Comments