Metro Pekalongan

Segini Usulan Besaran UMK yang Dikirim Walikota ke Gubernur

Moch Saelany MachfudzKOTA – Walikota Pekalongan, Moch Saelany Machfudz, akan mengirimkan usulan UMK ke Gubernur Jawa Tengah, hari ini (Senin 12/11). Walikota tak membeberkan berapa angka yang akan diusulkan. Namun Walikota memberikan keterangan bahwa pihaknya akan mengirimkan opsi angka UMK yakni angka maksimal dan angka minimal.

“Masih ditandatangani, memang prosesnya alot semua itu ya. Kami akan kirimkan Senin (hari ini) tapi disertai kronologis terkait perjalanan rapat di Dewan Pengupahan yang sudah dilakukan beberapa kali tapi tetap tidak ada titik temu. Sehingga nanti harapan kami itu akan menjadi pertimbangan,” jelas Walikota.

Ditanya mengenai angka, Walikota enggan menyebut angka yang jelas namun menyatakan bahwa akan ada beberapa alternatif angka yang akan dikirimkan disertai lampiran kronologis perjalanan rapat penentuan UMK.

“Beberapa alternatif akan kami sampaikan. Tapi yang jelas kami sudah tahu minimalnya berapa dan maksimalnya berapa,” tambahnya.

Seperti diketahui, dalam rapat terakhir antara Apindo dengan unsur serikat pekerja yang difasilitasi oleh Sekda Kota Pekalongan, Walikota memberikan opsi angka maksimal dan minimal yakni antara Rp1.950.00 hingga Rp2.000.000. Tanggapan dua pihak terhadap angka tersebut berbeda. SPN, PPMI dan RTMM SPSI dari unsur serikat pekerja menyatakan sepakat namun Apindo tetap berpegang pada hasil perhitungan dari PP 78 yakni Rp1.906.000. Sehingga dalam rapat tersebut juga tidak ada titik temu satu angka UMK yang akan diusulkan ke Gubernur Jawa Tengah.

Rapat yang diinisiasi oleh Walikota tersebut, merupakan rapat yang digelar diluar agenda Dewan Pengupahan yang sebelumnya sudah beberapa kali dilaksanakan. Dalam rapat Dewan Pengupahan, juga tak ditemui satu angka karena ada tiga angka yang muncul yakni dari unsur pemerintah, akademisi dan Apindo berpegang pada PP 78 dengan angka UMK Rp1.906.00. Sedangkan unsur serikat pekerja dari SPN mengusulkan Rp2,3 juta berdasarkan UU 13 Tahun 2003 dan PPMI mengusulkan Rp3,1 juta berdasarkan hasil survey.(nul)

PENULIS: M AINUL ATHO

Facebook Comments