Radar Pendidikan

Eskul Angklung, Kenalkan dan Lestarikan Budaya

MI Salafiyah Karanganyar 02

TAMPIL – Penampilan kreasi musik angklung oleh para siswa MI Salafiyah Karanganyar 02.
EKA ISDITYA

TIRTO – Ditengah-tengah geliat semangat para siswa dari berbagai sekolah mempelajari beragam alat musik modern, Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah Karanganyar 02 memilih menyelenggarakan kegitan ekstrakurikuler yang memanfaatkan alat musik tradisional angklung. Alat musik tersebut dipilih karena memiliki nilai seni yang tinggi dan juga merupakan alat musik khas yang dimiliki oleh Indonesia.

Demikian diungkapkan Kepala MI Salafiyah Karanganyar 02, Ahmad Shobir SPdI, ketika ditemui Radar Pekalongan, di kantornya, Ahad (11/11). Penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler angklung di MI Salafiyah Karanganyar 02 dimulai sejak awal tahun ajaran 2018/2019 lalu.

“Mulai ada ekskul angklung kira-kira bulan Juli 2018 kemarin,” ujar Pak Shobir, sapaan karibnya.

Pemilihan alat musik angklung sebagai salah satu kegiatan ekskul di MI Salafiyah Karanganyar 02 merupakan buah pertimbangan yang matang setelah mendapat masukan dari segenap dewan guru, pengurus dan juga orang tua/wali siswa.

“Awal mulanya kami ingin mencari yang beda dari kebanyakan sekolah, kemudian muncul ide musik angklung, apalagi sekaligus bisa melestarikan budaya daerah. Orang tua juga setuju, akhirnya kita adakan,” ujar pria asli Desa Karanganyar Kecamatan Tirto ini.

Diceritakan, semangat para siswanya dalam mengikuti kegiatan ekskul angklung tercatat cukup tinggi. Pasalnya belum lama digelar, para siswa telah cukup mahir memainkan alat musik yang terbuat dari bambu tersebut.

“Pelatihnya kebetulan dari guru sini sendiri yang memang memiliki basic keahlian di musik angklung. Tapi yang saya kagum adalah, anak-anak sering menambah porsi latihan sendiri dan akhirnya mereka bisa memainkan lagu-lagu dengan kreasi mereka sendiri,” ujar dia.

Setiap minggunya, para siswa melaksanakan latihan rutin dalam kegiatan ekstrakurikuler angklung setiap hari Rabu Siang. (yak)

Facebook Comments