Orasi Pilketos Latih Siswa Sampaikan Pendapat

by
Orasi Pilketos Latih Siswa Sampaikan Pendapat
IKUTI - Peserta mengikuti jalannya orasi politik dalam rangkaian Pemilihan Ketua Osis (Pilketos) yang dilakukan SMP Islam Pekalongan di halaman sekolah, Minggu (28/10). MALEKHA
Orasi Pilketos Latih Siswa Sampaikan Pendapat
IKUTI – Peserta mengikuti jalannya orasi politik dalam rangkaian Pemilihan Ketua Osis (Pilketos) yang dilakukan SMP Islam Pekalongan di halaman sekolah, Minggu (28/10).
MALEKHA

KOTA PEKALONGAN – Melatih siswa menyampaikan pendapat didepan umum, menjadi salah satu tujuan adanya orasi politik dalam rangkaian Pemilihan Ketua Osis (Pilketos) yang dilakukan oleh SMP Islam Pekalongan di halaman sekolah, Minggu (28/10).

Orasi politik menjadi salah satu media bagi calon ketua osis menyampaikan, apa saja yang hendak dilakukan Osis dalam periode ia menjabat.

Disaksikan ratusan siswa dari kelas 7_9, serta para dewan guru SMP Islam Pekalongan. Satu persatu ke 5 calon ketua Osis terpilih menyampaikan visi misinya.

Waka Kesiswaan SMP Islam, Muallim, menuturkan kepada Radar, bahwa ke 5 calon ketua osis terpilih adalah siswa terbaik dari yang terbaik yang mewakili masing-masing kelas.

“Untuk jadi seperti sekarang, kita ada proses seleksi. Seleksi diawali dengan perwakilan masing-masing kelas sebanyak 2 orang dengan total peserta ada 24 anak, kemudian mereka akan tes tertulis, yang lolos dilanjutkan wawancara, praktek dan terpilihlah 5 pasang ini,” ungkap Muallim.

Seleksi tes yang digunakan tentunya tak hanya tes yang bisa dikerjakan sembari menutup mata. Namun ada tes tulis yang meliputi pelajaran umum dan agama, serta materi keorganisasian sebagai bekal awal untuk menjadi calon ketua dan wakil Osis.

“Kami berharap Osis yang terpilih nanti bisa mempunyai proyeksi kedepan. Bagaimana membawa kegiatan yang positif serta menjadi anak-anak yang berkarakter dan berakhlakul karimah sesuai dengan visi misi SMP Islam Pekalongan,” pungkasnya. (mal)

PENULIS: MALEKHA