Optimalkan Peran Relawan, Cegah Kebakaran

by
Relawan
BERI - Suasana pemberian materi dari Damkar, peserta terlihat memperhatikan pemateri. MALEKHA
Relawan
BERI – Suasana pemberian materi dari Damkar, peserta terlihat memperhatikan pemateri.
MALEKHA

KOTA PEKALONGAN – Guna mengoptimalkan peran serta masyarakat dan relawan dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran di Kota Pekalongan, Damkar Kota Pekalongan memberikan sosialisasi pemadam kebakaran bagi para relawan Kota Pekalongan di aula kantor kecamatan Pekalongan Barat, Kamis (25/10).

Hadir dalam acara Kepala Satpol PP Kota Pekalongan, Camat Pekalongan Barat dan para petugas damkar serta relawan se-Kota Pekalongan. Kegiatan dibuka Sekertaris Daerah Kota Pekalongan, Sri Rumingsih.

Dalam sambutanya, dia menyampaikan pentingnya mencegah hal-hal yang dapat menimbulkan kebakaran besar seperti membuang puntung rokok sembarangan.

Hal itu, menurutnya bisa menyebabkan terjadinya kebakaran akibat kelalaian seseorang yang dampaknya dapat merugikan orang banyak.

Dalam sosialisasi tersebut Sri Ruminingsih menyampaikan perlu adanya sosialisasi di tingkat kelurahan. Sebab kasus kebakaran di Kota Pekalongan cukup tinggi dan hampir semuanya terjadi di lingkungan masyarakat seperti pemukiman penduduk. Lebih lanjut Ruminingsih menghimbau kepada ibu rumah tangga untuk tidak lalai saat sedang memasak di rumah.

“Kepada masyarakat untuk saling peduli dan mengingatkan apabila terjadi kebakaran agar sigap bisa segera di tangani sedini mungkin,” pungkasnya. Melalui kegiatan itu juga diharapkan para peserta bisa memahami tentang cara mencegah dan menanggulangi bencana kebakaran. (mal)