Metro Pekalongan

Ajak Santri Melek Media

Ajak Santri Melek Media

MENGIKUTI SEMINAR – Santri-santri di Kota Pekalongan tengah mengikuti seminar multimedia, Selasa (23/10).
FAKHRUN NISA

KOTA PEKALONGAN – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pekalongan bersama Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI NU) menggelar kegiatan Seminar Multimedia, bertajuk Santri Melek Media. Kegiatan tersebut termasuk dalam rangkaian acara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Kota Pekalongan.
Bertempat di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, kegiatan diikuti santri dari berbagai pondok pesantren di Kota Pekalongan serta seluruh badan otonom (banom) PCNU Kota Pekalongan. Melalui kegiatan tersebut, santri diajak untuk melek media sehingga dapat memanfaatkannya untuk kepentingan umat.

“Acara ini bisa mendorong para santri, ustadz, dan kyai untuk ikut aktif menyebarkan aqidah Ahlussunah Wal Jamaah, baik di media digital maupun elektronik,” ujar Ketua Panitia Kegiatan, Abdul Kholid Ma’ruf.

Disebutkan, seminar multimedia tersebut menghadirkan tiga pembicara, yakni Hamzah Sahal, Musoffa Basyir Rasyad, dan Abdu L Wahab. Ketiga pemateri membahas seputar sejarah pendidikan pesantren serta peluang dan tantangan santri di era digital.

Sementara itu Ketua PCNU Kota Pekalongan, Muhtarom, mengungkapkan bahwa arus informasi yang begitu deras di media menuntut masyarakat untuk rajin bertabayun atau mengecek kebenaran berita. Ia juga meminta para santri untuk tidak ikut terseret provokasi yang sering terjadi di media sosial.

“Media literasi perlu dipahami oleh santri. Santri harus paham media agar ketika mendapatkan informasi bisa bertabayun, bukan justru termakan umpan-umpan provokasi. Mudah-mudahan seminar ini bisa memberikan pemahaman, dan para peserta mendapatkan manfaat yang besar dari kegiatan ini,” tandasnya. (run)

Penulis: FAKHRUN NISA

Facebook Comments