Ragam Ekskul dan Mulok Tingkatkan Kompetensi Siswa

oleh -
SMP Islam Asy-Sya'ban Bojong
USAI - Suasana para siswa SMP Islam Asy-Sya'ban Bojong usai kegiatan pembelajaran. EKA ISDITYA
SMP Islam Asy-Sya'ban Bojong
USAI – Suasana para siswa SMP Islam Asy-Sya’ban Bojong usai kegiatan pembelajaran.
EKA ISDITYA

BOJONG – Selain mata pelajaran umum, terdapat pula beberapa kegiatan yang digelar untuk menambah kompetensi serta keahlian para peserta didik. Demikian pula yang dilangsungkan di SMP Islam Asy-Sya’ban Bojong. Beragam kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) dan juga muatan lokal menjadi tambahan untuk mengasah kemampuan tiap-tiap siswanya.

Kepala SMP Islam Ay-Sya’ban Bojong, Mustofa SAg, mengungkap terdapat banyak ekstrakurikuler yang dapat dipilih dan diikuti oleh para siswanya antara lain ekstrakurikuler wajib pramuka, marching band, taekwondo, kelas sains, komputer, hingga english club. Berbeda dengan ekskul pramuka yang wajib diikuti oleh seluruh siswa, ekskul lain menjadi ekskul pilihan yang dapat ditentukan sesuai dengan minat bakat masing-masing. “Seluruh ekskul pasti tujuannya untuk menambah keahlian maupun bakat dalam diri siswa,” ujar Pak Mustofa, demikian ia disapa.

Diterangkan pula, ekskul Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sengaja digelar untuk menunjang kemampuan para siswanya dalam mengoperasikan komputer. Terlebih sejak tahun 2018 SMP Islam Asy-Sya’ban Bojong telah memutuskan untuk mengikuti kegiatan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Para siswa diajak agar melek teknologi dan mampu menggunakannya secara baik dan benar sesuai fungsinya.

Selain kegiatan ekstrakurikuler, SMP yang terletak di Desa Karangsari Kecamatan Bojong ini juga memiliki beberapa muatan lokal yang diyakini dapat memberi nilai tambah bagi par siswanya. Salah satu muatan lokal (mulok) yang digelar di SMP Islam As-Sya’ban yakni mulok ke-NU-an. Sebagai salah satu penyelenggara pendidikan berbasis Islam khususnya NU, pihaknya menginginkan agar para siswa memahami tentang pengetahuan ke-NU-an. (yak)