Tim Sekolah Ini Raih Juara I Olimpiade Akuntansi di Solo

by
Tim Sekolah Ini Raih Juara I Olimpiade Akuntansi di Solo
BERFOTO - Siswa SMK Muhammadiyah Bligo berfoto bersama usai meraih juara I dalam Olimpiade Akuntansi di Solo. FAKHRUN NISA
Tim Sekolah Ini Raih Juara I Olimpiade Akuntansi di Solo
BERFOTO – Siswa SMK Muhammadiyah Bligo berfoto bersama usai meraih juara I dalam Olimpiade Akuntansi di Solo.
FAKHRUN NISA

BUARAN – Tim Akuntansi SMK Muhammadiyah Bligo berhasil meraih juara I dalam ajang Olimpiade Pendidikan Akuntansi Tingkat SMK/SMA se Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 2018 pada Minggu (16/9). Bertempat di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, olimpiade tersebut digagas oleh Himpunan mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret (HIMAPAKSI FKIP UNS).

Ketua Jurusan Akuntansi Nikmatul Khasanah menuturkan, ini adalah kali pertama keikutsertaan siswa SMK Muhammadiyah Bligo dalam ajang tersebut. Tim akuntansi diwakili oleh tiga siswa yakni Arina Hibatal, Mila Sofiani, dan Fina Oktafiani.

“Alhamdulillah berkat komitmen, latihan, strategi, kesabaran, dan pengalaman kami bisa meraih trofi juara I. Tim ini sudah dipersiapkan dari jauh-jauh hari, termasuk ketika mereka harus berlatih pada hari libur atau malam hari,” ujar Ninik, sapaan akrabnya.

Untuk meraih hasil tersebut, tim akuntansi SMK Muhammadiyah Bligo harus melewati tiga babak. Di babak pertama setiap tim dipisah dan dibagi ke dalam beberapa ruang untuk mengerjakan soal teori dengan materi yang berbeda. Di babak kedua setiap tim kembali dibagi untuk mengerjakan soal praktik siklus akuntansi, dan babak ketiga menggunakan sistem cerdas cermat.

“Di babak pertama kami menempati urutan kedua, di babak kedua kami menempati urutan pertama, dan di babak terakhir kami mampu menjadi yang terbaik,” lanjutnya.

Disebutkan, tim akuntansi SMK Muhammadiyah Bligo berhasil menyabet juara I setelah mengalahkan delegasi dari SMKN 1 Surakarta dan SMKN 2 Blora. Olimpiade akuntansi ini diikuti oleh 15 tim SMK dan 19 tim SMA. Sebagai juara I, tim akuntansi mendapatkan hadiah berupa trofi, sertifikat, dan uang pembinaan.

Sementara itu, Kepala SMK Muhammadiyah Bligo Luqman Hakim mengungkapkan apresiasi dan penghargaan kepada tim akuntansi yang telah berprestasi di Solo.

“Semoga hasil ini mampu menambah kepercayaan diri dan motivasi kami untuk terus berkompetisi dan menjadi yang terbaik untuk mengharumkan nama Pekalongan. Harapan kami tim mampu mengevaluasi kekurangan dan mengeksplorasi kelebihan masing-masing, disamping itu kerja sama dan strategi yang diajarkan oleh guru pembimbing saat latihan mampu diterapkan dengan baik saat perlombaan” tandasnya. (run)

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin