Radar Bisnis

Musik Tradisional, Tarik Pengunjung

Cawis Kalipancur

KOMPAK – Kru Borobudur Departement Store usai menampilkan musik tradisional.
M FURQON FS

Borobudur Departement Store

Dalam rangka ikut serta menjaga dan melestarikan budaya lokal yang ada dalam masyarakat, Borobudur Departement Store Pekalongan turut berpartisipasi menampilkan musik tradisional.
Diselenggarakan di Lantai 1 Borobudur Pekalongan, Sabtu (29/10), menampilkan musik tradisional dari group Cawis Kalipancur.

Diungkapkan, Kepala Borobudur Departement Store Pekalongan, Asputra, pagelaran musik tradisional tersebut selain untuk lebih menarik minat pengunjung yang datang, juga bertujuan memperkenalkan kepada masyarakat/ customer Borobudur khususnya, mengenai betapa indah dan kaya akan budaya Indonesia termasuk Kota Pekalongan dan sekitarnya akan keberagaman warisan budaya termasuk musik tradisional.

“Hampir di seluruh wilayah Indonesia mempunyai seni musik tradisional yang khas. Keunikan tersebut bisa dilihat dari teknik permainannya, penyajiannya maupun bentuk instrumen musiknya. Seperti halnya musik yang disajikan oleh group musik tradisional cawis Kalipancur ini. Permainan musik mereka mempunyai beat semangat kreatifitas yang tinggi yang bisa dinikmati oleh semua golongan umur, untuk itulah kami hadirkan di sini,” ujarnya.

“Budaya adalah suatu warisan atau leluhur dari nenek moyang kita yang tidak ternilai harganya, budaya Indonesia sangat banyak dan beragam, budaya itulah yang seharusnya kita jaga dan kita lestarikan. Salah satunya adalah musik tradisional. Musik tradisional sendiri merupakan musik yang hidup di masyarakat secara turun temurun, dipertahankan sebagai sarana hiburan. Tiga komponen yang saling mempengaruhi di antaranya Seniman, musik itu sendiri dan masyarakat penikmatnya,” pungkasnya. (fqn)

Penulis: M. Furqon Firmansyah & Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments