Tenang, Meski Gagal di Asian Games, Kiromal Katibin tetap Diapresiasi Pemda

by
Kiromal Katibin
PENGHARGAAN – Pemkab Batang menyerahkan penghargaan kepada Kiromal Katibin, atlet panjat tebing yang maju pada Asian Games 2018. M DHIA THUFAIL
Kiromal Katibin
PENGHARGAAN – Pemkab Batang menyerahkan penghargaan kepada Kiromal Katibin, atlet panjat tebing yang maju pada Asian Games 2018.
M DHIA THUFAIL

BATANG – Meski tak berhasil membawa pulang medali di ajang Asian Games 2018, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang tetap memberikan penghargaan kepada Kiromal Katibin, putra daerah yang mewakili cabang olahraga (Cabor) Panjat Tebing.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Batang, Suyono, usai pelaksanaan upacara peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke 35 tingkat Kabupaten Batang tahun 2018 di alun-alun Batang, Jum’at (7/9).

“Meski belum berhasil membawa pulang medali, tapi kami tetap menaruh rasa bangga kepada putra daerah yang sudah membawa nama Kabupaten Batang pada ajang Asian Games 2018. Saya berpesan, agar tetap berlatih dan asah kemampuan itu, sehingga pada ajang ajang perlombaan berikutnya bisa menyabet juara,” ungkap Suyono.

Haornas 2018 mengangkat tema “Ayo Olahraga, Bangun Indonesia”. Tema tersebut, kata dia, mengandung makna ajakan kepada masyarakat untuk ikut berolahraga.

“Dengan berolahraga kita akan turut berpartisipasi membangun Indonesia secara keseluruhan, yakni membangun jiwa yang sehat, dan membangun badan yang kuat,” kata Wabup.

Sebelumnya, Suyono juga sempat menyampaikan pesan Menpora RI melalui sambutannya. Ia mengatakan, bahwa tahun ini banyak generasi muda telah menorehkan prestasi membanggakan.

Seperti diketahui, ada Lalu Muhammad Zohri, pelajar SMA yang telah berhasil menorehkan prestasi Juara Dunia U-20 melalui lari 100 meter. Lihat juga pemain catur Samantha dalam usia 10 tahun telah menjadi juara dunia. Belum lagi Wushu, yang juga juara dunia pelajar.

Begitu juga tim sepakbola U-16, yang berhasil menjuarai Piala AFF, Timnas Pelajar juga menjuarai level Internasional baik U-12, U-15, angkat besi dan voli pasir, bulutangkis dan berbagai cabangcabang olahraga lainnya telah sukses lolos Youth Olympic.

“Itu pertanda, bahwa kita telah menata pondasi olahraga prestasi yang cukup kuat yang dimulai dari usia dini. Dengan demikian, kita telah memiliki harapan besar untuk membangun olahraga prestasi dengan melakukan pembinaan secara berjenjang,” terangnya.

Menurutnya, masyarakat patut bangga bahwa Asian Games 2018 yang menjadi perhelatan olahraga tingkat Asia, telah berlangsung sukses, lancar dan membuahkan juga prestasi, dengan masuk peringkat 4 besar Asia. Hal itu patut disyukuri berkat kerja bersama INASGOC dan stakeholders semua kementerian dan lembaga. (fel)