Metro Pekalongan

Kota Pekalongan Titik Strategis Bidang Jasa dan Perdagangan

Kota Pekalongan Titik Strategis Bidang Jasa dan Perdagangan

RESMIKAN – Walikota Pekalongan, Moch Saelany Machfudz saat meresmikan Gedung Tenant Technopark Perikanan, Senin (27/8) di Kawasan Technopark Perikanan Kota Pekalongan.
DOK DISKOMINFO

KOTA PEKALONGAN – Walikota Pekalongan Moch Saelany Machfudz meresmikan Gedung Tenant Tecnopark Perikanan, Senin (27/8), di Kawasan Technopark Perikanan, Kelurahan Panjang Wetan.

Peresmian dilakukan oleh Walikota bersama anggota DPR RI dan perwakilan dari BPPT RI. Sebelum diresmikan, Gedung Tenant Technopark sudah soft launching pada 3 April lalu. Saat ini fasilitas gedung lengkap dan siap digunakan untuk mengembangkan usaha bidang perikanan.

Walikota mengungkapkan, peresmian Gedung Tenant Tecnopark Perikanan ini merupakan rangkaian dari Pekan Inovasi dan Kreativitas Kota Pekalongan. “Semoga gedung ini dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat Kota Pekalongan khususnya di bidang perikanan,” harap Walikota.

Kota Pekalongan menurutnya, menjadi titik strategis untuk bidang jasa dan perdagangan. Untuk itulah Pemkot Pekalongan memberikan fasilitas sentra-sentra pengembangan dan pemasaran, salah satunya Gedung Tenant Technopark. “Harapannya akan ada sinergitas pembangunan wisata pantai dengan technopark sehingga orang yang datang ke Kota Pekalongan dapat berwisata di kawasan utara sembari menikmati olahan ikan, yang dihasilkan dari technopark ini,” tuturnya.

Pengembangan wilayah utara dikatakan Walikota menjadi salah satu bagian dari upaya menghadapi tantangan adanya jalan tol. Pengembangan wisata dan pusat perdagangan menjadi salah satu upaya yang dilakukan dalam rangka menghadapi keberadaan jalan tol. “Dua tahun berturut-turut Kota Pekalongan mengalami penurunan pemasaran karena adanya jalan tol. Tapi kini sudah kembali. Pembangunan pintu keluar jalan tol ke Kota Pekalongan juga diharapkan dapat memberikan dampak positif.” harapnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Pekalongan, Aris Sidharcahya, menjelaskan bahwa pembangunan Gedung Tenant Tecnopark Pekalongan ini bersumber dari APBD Kota Pekalongan tahun 2017. Sedangkan untuk perlengkapan, desain interior dan keperluan peralatan lainnya mendapat bantuan dari BPPT RI. “Tempat ini akan difungsikan sebagai tempat untuk mencetak wirausaha baru di bidang perikanan,” kata Aris.

Ditambahkan Aris, kawasan technopark akan menjadi wahana dengan infrastruktur jaringan inovasi yang dikembangkan dalam penguatan inovasi sistem daerah Kota Pekalongan untuk mendukung kluster industri perikanan.(nul)

Penulis: M Ainul Atho | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments