Giliran 11 Relawan Psikososial Dikirim ke Lombok

by
Giliran 11 Relawan Psikososial Dikirim ke Lombok
MELEPAS - Bupati Wihaji didampingi Kepala Pelaksana BPBD, Ulul Azmi, melepas 11 relawan Batang untuk diberangkatkan ke Lombok, kemarin. M DHIA THUFAIL
Giliran 11 Relawan Psikososial Dikirim ke Lombok
MELEPAS – Bupati Wihaji didampingi Kepala Pelaksana BPBD, Ulul Azmi, melepas 11 relawan Batang untuk diberangkatkan ke Lombok, kemarin.
M DHIA THUFAIL

BATANG – Aksi kepedulian warga dan Pemerintah Kabupaten Batang untuk meringankan beban saudar sebangsa di Lombok, NTB, masih mengalir hingga kini. Rabu (22/8) kemarin, Bupati Wihaji bahkan melepas 11 relawan klaster psikososial guna membantu warga terdampak bencana gempa bumi.

Pelepasan dilakukan di Rumah Dinas Bupati Batang, usai Shalat Iedul Adha.

11 relawan untuk tugas kemanusiaan Trauma Healing dan Medis itu, yakni Anung Sujatmiko, Nur Nasetia nugroho, Waris, Nur Hudin, Wawan Ardiyanto, Dr Ali Balkhi, Suyanto, Tri Harwanto, Rina Astuti, Sri Winarsih, dan Slamet Maktub.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Batang, Ulul Azmi AP MM, mengungkapkan, pemberangkatan 11 relawan tersebut untuk tugas Kemanusiaan, yakni melakukan pendampingan Trauma Healing Psikososial untuk Anak-anak korban bencana di Lombok selama 10 hari, yakni terhitung pertanggal 22 Agustus sampai tanggal 31 Agustus 2018.

“Kesebelas relawan ini adalah anggota relawan penanggulangan bencana BPBD, yang terdiri dari klaster psikososial sebanyak 6 relawan, relawan BSMI (Bulan Sabit Merah Indonesia) 4 orang, dan 1 relawan pendamping dari BPBD sendiri, yakni Pak Slamet Maktub,” ujar Ulul.

Bupati Wihaji mengaku terharu dengan tingginya inisiatif relawan di Kabupaten Batang untuk membantu saudara sebangsa di Lombok yang terdampak bencana. Pemkab menurutnya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan relawan.

“Mudah-mudahan lancar dan selamat sampai tujuan. Kami hanya berpesan, tetaplah teguh memegang komitmen sebagai relawan kemanusiaan yang ingin meringankan beban korban bencana, jangan sampai malah membebani warga di sana. Kalau ada kendala, komunikasikan segera dengan Kepala BPBD,” pesan Bupati.

Lanjut Wihaji, Pemkab sendiri sejauh ini telah melakukan penggalangan dana, baik di internal ASN maupun masyarakat Batang guna disalurkan ke korban bencana. “Terima kasih untuk setiap dedikasi panjenengan, mau meluangkan waktu, harta, dan tenaga untuk meringankan beban warga yang tertimpa bencana,” ucapnya.

Ketua LSM pelangi Nusa, Anung Sujatmiko, menyampaikan, untuk Anggota relawan membawa Logistik sendiri dan beberapa alat sepekologi permainan anak-anak yang jumlahnya 3.000 paket yang akan diberikan kepada anak-anak korban bencana. “Jumlah perbekalan ini masih sangat minim jika dibandingkan dengan banyaknya jumlah korban. Tetapi dengan keterbatasan ini, kita tetap berkomitmen untuk menjalankan tugas kemanusiaan semaksimal mungkin,” katanya. (fel)

Penulis: M Dhia Thufail | Radar Pekalongan
Redaktur: Akhmad Saefudin