IMBS Potong Hewan Kurban di Lokasi Kemah Ta’aruf

by
IMBS Miftahul Ulum Pekajangan Sembelih Hewan Kurban
MENYEMBELIH - IMBS Miftahul Ulum Pekajangan menyembelih hewan kurban di Kesesi, Rabu (22/8). FAKHRUN NISA
IMBS Miftahul Ulum Pekajangan Sembelih Hewan Kurban
MENYEMBELIH – IMBS Miftahul Ulum Pekajangan menyembelih hewan kurban di Kesesi, Rabu (22/8).
FAKHRUN NISA

KESESI – Momen Idul Adha 1439 Hijriyah dimanfaatkan oleh International Muhammadiyah Boarding School (IMBS) Miftahul Ulum Pekajangan, dengan menggelar kegiatan Kemah Ta’aruf bertajuk Berqurban dan Berbagi Menuju IMBS Berkemajuan. Dalam kegiatan tersebut, IMBS Miftahul Ulum mengajak seluruh santri untuk berbagi kepada masyarakat di Kesesi melalui penyembelihan hewan kurban dan kegiatan sosial lainnya.

Panitia Penyelenggara Kegiatan, Hamdan Masduki, menuturkan kegiatan yang digelar di Desa Podosari Kesesi tersebut berlangsung selama dua hari, yakni Selasa (21/8) hingga Rabu (22/8). Kemah Ta’aruf diisi dengan beberapa kegiatan, diantaranya kemah santri baru, latihan kepemimpinan, materi Al Islam dan Kemuhammadiyahan, pawai obor, pelaksanaan qurban, dan tadabur alam.

“Syukur alhamdulillah dan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung berbagai rangkaian kegiatan, sehingga dapat berjalan dengan lancar. Idul Adha 1439 Hijriyah menjadi momen yang sangat berharga, bagi IMBS Miftahul Ulum Pekajangan Pekalongan untuk berbagi kebahagiaan bersama masyarakat sekitar,” jelas Hamdan, sapaan akrabnya.

Kemah Ta’aruf dimulai dengan kegiatan perkemahan yang diikuti oleh 250 santri baru IMBS Miftahul Ulum. Kegiatan dilanjutkan dengan pawai obor pada malam Idul Adha yang juga diikuti oleh santri Taman Pendidikan Quran (TPQ) di sekitar lokasi kemah. Puncak kegiatan Kemah Ta’aruf adalah penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan pada Rabu pagi (22/8) bersama masyarakat sekitar.

Pimpinan IMBS Miftahul Ulum Mohammad Tabi’in menyebutkan, hewan kurban yang dipotong dalam kegiatan Kemah Ta’aruf adalah dua ekor sapi dan dua ekor kambing. Hewan kurban tersebut berasal dari donasi ustadz-ustadz IMBS Miftahul Ulum serta bantuan dari donatur.

“Melalui kegiatan Kemah Ta’aruf ini kami mengajak siswa untuk dekat dengan masyarakat dan alam. Oleh karena itu, selain kemah, pawai obor bersama santri TPQ, dan penyembelihan hewan kqurban, kami juga mengajak santri untuk tadabur alam melihat keindahan panorama alam di sekitar bumi perkemahan,” lanjut Tabi’in.

Dalam kegiatan silaturahim bersama warga yang dilaksanakan pada Selasa malam, Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pekajangan H M Irzal beserta jajaran pimpinan IMBS hadir mengikuti kegiatan. Dalam sambutannya, Irzal menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Podosari yang telah menerima santri IMBS Miftahul Ulum dengan baik sekaligus memompa semangat santri agar tetap semangat dalam belajar. (run)