Gara-gara Ini, KPU Batang Dianggap Sukses Pada Pilgub Kemarin

by
Gara-gara Ini, KPU Batang Dianggap Sukses Pada Pilgub Kemarin
SERAHKAN PIAGAM - KPU Batang menyerahkan piagam penghargaan untuk para mitra KPU, salah satunya Kantor Kesbangpol Batang, dan Polres Batang saat Evaluasi FGD Pilgub 2018, Selasa (7/8). NOVIA ROCHMAWATI
Gara-gara Ini, KPU Batang Dianggap Sukses Pada Pilgub Kemarin
SERAHKAN PIAGAM – KPU Batang menyerahkan piagam penghargaan untuk para mitra KPU, salah satunya Kantor Kesbangpol Batang, dan Polres Batang saat Evaluasi FGD Pilgub 2018, Selasa (7/8).
NOVIA ROCHMAWATI

BATANG – Kinerja KPU Batang mendapatkan apresiasi dari sejumlah instansi dan mitra terkait dalam penyelenggaraan Pilgub 2018 lalu. KPU dianggap sukses karena telah menyelenggarakan Pilgub yang kondusif dan aman.

Bahkan, hingga akhir pelaksanaan tidak ditemukan kasus-kasus money politic, kehilangan hak suara ataupun masalah krusial lainnya. Apresiasi ini salah satunya disampaikan Kepala Kantor Kesbangpol Batang, Dr Agung Wisnu Barata MM, saat menjadi Narsumber Raker Evaluasi Penyelenggaraan Pilgub Jateng 2018 di Batang bersama Forkopimda dan instansi terkait, Selasa (7/8). Kabupaten Batang dalam even-even pesta demokrasi bisa dibilang sukses. Hal itu menandakan kedewasaan dalam berpolik sehingga pemilihan Bupati dan Wakill Bupati, Pemilihan Gubernur dan Wakilnya aman dan kondusif.

“Keberhasilan ini tidak lepas dari penyelenggara pemilu yang bekerja sesuai regulasi dan independen,” kata Agung yang menjadi narsumber raker.

Ia juga mengatakan bahwa keberhasilan dan kesuksesan Pilgub Jateng dapat dijadikan barometer pilkada serentak tahun 2019. Sebab, semua elemen masyarakat mengedepankan etika politik yang baik dan bermartabat.

“Evaluasi Pilgub ini dilaksanakan untuk mengetahui keberhasilan Pilgub jateng 2018, dan untuk mengukur kebijakan serta untuk mengkritisi dan memberikan saran bagai penyelenggaraan Pilgub agar lebih baik lagi sehingga Pemilu bisa lebih bermartabat,” jelas lelaki yang menyandang gelar doktor tersebut.

Agung juga menjelaskan, dari evaluasi, yang perlu dikuatkan yaitu tingkat partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya. Pasalnya, jika dibandingkan partisipasi masyarakat dalam pilkades pasti lebih tinggi dari pada pemilihan lainnya.

“Peningkatan partisipasi masyarakat tugas bersama dapat dilaksanakan melalui pendidikan politik, bantuan Politik, dan Desk Pilkada,” ujar Agung.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Batang, Nur Untung Selamet SE, menyatakan, Kegiatan Pilkada aman jika aparat penyelenggara Pilkada tidak bermain atau netral, bekerja sesuai dengan tupoksinya, sehingga proses penyelenggaraan pilgub dapat berjalan dengan baik. Hal itu menurutnya dapat dibuktikan pada saat Pilkada Kabupaten Batang.

“Saya harapkan Pilpres dan Pileg yang akan datang, dapat berjalan dengan aman juga sesuai dengan etika-etika yang ada,” harap Nur Untung.

Kabag Ops Polres Batang, Kompol Hartono, mengatakan bahwa KPU dan Panwas serta jajaran Kepolisian dan TNI saling bersinergi. Khususnya melaksanakan tugas sesuai tupoksi, sehingga pilgub di wilayah Batang mendapat predikat aman.

Ketua KPU Kabupaten Batang, Adi Pranoto SE, menyampaikan, penyelenggaraan pemilu yang sukses itu berkat dukungan dari instansi dan lembaga terkait. Hasilnya, tercipta pemilu yang aman, kondusif dan independen. Ia berharap kesuksesan tersebut dapat menjadi barometer pelaksanaan Pileg 2019 mendatang.

“Tetapi kami menyadari, KPU masih menyimpan banyak PR. Utamanya soal partisipasi pemilih, yang pada Pilgub kemarin tercatat menurun,” ucapnya. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati | Radar Pekalongan
Redaktur: Akhmad Saefudin