Radar Batang

Antusias, Uni Wihaji Akan Paparkan Produk Unggulan Batang di Provinsi

Dekranasda

PAPARKAN – Ketua Dekranasda Kabupaten Batang Uni Kuslantasi Wihaji memaparkan persiapan Lomba Pembina Dekranasda Tingkat Provinsi Jawa Tengah di Ruang Dahlia Setda Kabupaten Batang, Senin (6/8).
M DHIA THUFAIL

BATANG – Dalam rangka memeriahkan hari jadi Provinsi Jawa Tengah ke 68, Pemerintah Kabupaten Batang melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) akan ikut andil memeriahkannya.

Ditemui usai menggelar rapat persiapan dengan instansi terkait di Ruang Dahlia Setda Kabupaten Batang, Senin (6/8) kemarin, Uni Kuslantasi Wihaji mengatakan akan memboyong sejumlah produk produk unggulan Kabupaten Batang untuk dipamerkan dalam agenda tahunan tersebut.

“Ada sejumlah rangkaian acara yang akan kami ikuti, seperti pemaparan produk produk unggulan Kabupaten/Kota, lomba pembina dekranasda terbaik se Jawa tengah, pameran kerajinan, dan carnafal (kostum),” katanya.

Dijelaskannya, rangkaian acara akan dimulai dari pemaparan produk produk unggulan pada tanggal 9 Agustus 2018, yang diikuti oleh para peserta dari 14 Kabupaten/Kota di Jateng. Selanjutnya, serangkaian acara lainnya akan diselenggarakan pada tanggal 18-20 Agustus 2018 mendatang, dengan peserta 19 Kabupaten/Kota Jawa Tengah.

Uni Wihaji menyebutkan, nantinya ia akan memaparkan produk-produk unggulan di Batang, satu diantaranya kerajinan batik, seperti Batik Rifa’iyah, Batik Pewarna Alami dan Batik Batangan. Disertakan pula kerajinan tentang kulit dan kerajinan rajut.

“Yang akan kita unggulkan adalah batik, karena proses produksinya bisa disaksikan dari awal hingga akhir,” ucap Uni Kuslantasi.

Uni menegaskan, Dekranasda akan lebih menguatkan pada produksi batik khas Kabupaten Batang, karena sudah banyak diproduksi oleh UMKM. Selain itu, di bidang pewarnaan batik, batik khas Batang jauh lebih unggul dibandingkan dengan Kabupaten/Kota lain.

“Di Jawa Tengah batik pewarna alam ada 3 yang menjadi acuan, yakni Provinsi DIY, Kabupaten Klaten dan Kabupaten Batang. Dan setelah diikutkan beberapa pameran, ternyata batik pewarna alam dari Batang yang lebih kuat hasil pewarnaannya,” tutur isteri orang nomor satu di Batang ini.

Sementara, Kabag Perekonomian Setda Batang, Subiyanto menambahkan, paparan itu menggambarkan peran Ny Uni Kuslantasi sebagai Ketua Dekranasda di Kabupaten Batang dalam membina dan membimbing UMKM di bidang kerajinan hingga berhasil dan sukses.

“Saat paparan nanti, Dekranasda juga akan menunjukkan hasil produk yang menjadi unggulan seperti batik khas Batang, rajut dan kulit,” terang Subiyanto.

Subiyanto menambahkan, Lomba Pembina Dekranasda Terbaik Tingkat Provinsi Jawa Tengah akan diikuti oleh peserta dari 14 Kabupaten/Kota dan akan dilaksanakan pada 18-20 Agustus 2018 mendatang. (fel)

Facebook Comments