Beragam Ekskul SD Negeri 01 Kepatihan, Wadahi Kreativitas

oleh -
Beragam Ekskul, Wadahi Kreativitas
BELAJAR - Suasana belajar siswa SD Negeri 01 Kepatihan. EKA ISDITYA
Beragam Ekskul, Wadahi Kreativitas
BELAJAR – Suasana belajar siswa SD Negeri 01 Kepatihan.
EKA ISDITYA

KEPATIHAN – SD Negeri 01 Kepatihan sejak lama dikenal sebagai satu sekolah dasar di Kecamatan Wiradesa, yang memiliki banyak peminat. Hal tersebut sejalan dengan beragam prestasi yang tak jarang diraihnya, sejak dahulu hingga sekarang. Beragam prestasi diraih, dilatarbelakangi adanya bermacam-macam kegiatan ekstrakurikuler.

Demikian dituturkan Kepala SD Negeri 01 Kepatihan, Sri Hartini SPd MPd. Pihaknya memiliki beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang dapat dipilih para siswa sesuai dengan bakat dan minat mereka masing-masing.

“Alhamdulillah untuk kegiatan ekstrakurikuler disini berjalan baik dan jumlahnya pun cukup banyak,” terang perempuan yang akrab disapa Bu Har ini. Diantara banyaknya kegiatan ekstrakurikuler yang dimiliki oleh SD yang merupakan merger antara SD Negeri 01 dan 02 Kepatihan ini. Antara lain drumband, seni musik, akuatik atau renang, seni tari, tilawatil quran, kaligrafi, hingga karawitan.

Mayoritas kegiatan ekstrakurikuler di SD Negeri 01 Kepatihan berfokus sebagai wadah penyaluran minat dan bakat siswa. Diceritakan oleh Bu Har yang juga merupakan anggota aktif dalam Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) Kecamatan Wiradesa, tidak dipungkiri melalui kegiatan ekstrakurikuler yang intens akan mendukung raihan prestasi siswa diberbagai ajang atau kompetisi mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi, hingga nasional.

Dukungan sekolah yang berkomitmen untuk senantiasa memberikan jalan kepada para siswanya menjadi salah satu kunci tercapainya prestasi siswa dan juga sekolah. “Alhamdulillah untuk pelatih di setiap ekskul ada beberapa yang kami panggil dari pihak luar, namun juga ada beberapa yang ditangani oleh guru sini sendiri yang memang kompeten di bidangnya,” tuturnya.

Tak ingin hanya berfokus pada prestasi non akademik saja, pihaknya juga mengaku tetap memperhatikan aspek akademik yang juga sangat berpengaruh pada sekolah. Salah satu upaya yang dilakukan ialah melalui jam pelajaran tambahan yang diyakini dapat mendongkrak semangat serta mendorong nilai para siswa khususnya kelas VI menjadi lebih baik. (yak)

Penulis: Eka Isditya | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin