Tahun Depan Disdikbud Kabupaten Batang Targetkan Gelar PPDB Online

by
1 FA - Tahun Depan PPDB Online (1)
OFFLINE - PPDB SMP di Batang masih menggunakan sistem offline. Hal ini nampak seperti yang dilakukan di SMPN 1 Batang beberapa waktu lalu. NOVIA ROCHMAWATI
1 FA - Tahun Depan PPDB Online (1)
OFFLINE – PPDB SMP di Batang masih menggunakan sistem offline. Hal ini nampak seperti yang dilakukan di SMPN 1 Batang beberapa waktu lalu.
NOVIA ROCHMAWATI

BATANG – Disdikbud Kabupaten Batang menargetkan dapat menggelar PPDB Online tahun 2019 mendatang. Hal ini seperti yang diutarakan Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikbud Batang, Drs Sabar Mulyono saat diwawacarai, Kamis (5/7).

Tahun ini pihaknya belum siap menggelar PPDB Online, karena beberapa kendala. Meski begitu pihaknya menargetkan dapat menerapkan sistem ini tahun depan.

“Memang tahun ini untuk sementara PPDB masih bersifat offline. Masih berada di luar jaringan. Namun kami targetkan tahun depan sudah dapat melaksanakan PPDB Online,” terang Sabar.

Melihat kondisi yang terjadi di masyarakat terkait kerumitan PPDB pihaknya juga mempertimbangkan hal tersebut. Tapi bagaimanapun sistem ini juga punya sisi positif sendiri. Oleh karenanya ke depan penerapan PPDB Online di Batang juga akan dilaksanakan secara bertahap.

Artinya mungkin hanya akan diujicobakan dulu di beberapa sekolah. Mengingat adanya letak geografis daerah Batang juga menjadi salah satu kendala belum terlaksananya PPDB Online di Batang.

“Ya kami melihat di beberapa kota ada permasalahan di mana banyak elemen yang belum siap untuk melaksanakan PPDB online. Khususnya untuk orang tua. Oleh karenanya mungkin untuk tahap pertama kami akan ujikan di beberapa sekolah terlebih dulu,” terangnya.

Jika sesuai dengan rencana, nantinya akan dipilih beberapa sekolah yang akan ditunjuk untuk menjadi sekolah rujukan pelaksana PPDB Online. Pihaknya sendiri berencana akan memulainya dari SMP se Kecamatan Batang dan SMP 1 di tiap kecamatan.

Pihaknya berharap ke depan akan segera direalisasikan sistem PPDB Online ini. Pihaknya pun kini masih menggodok rencana ini agar ke depan dapat berjalan dengan lancar.

“Salah satu kendala terbesar kami karena tentunya permasalahan anggaran. Oleh karenanya masih kami godok rencana ini agar nantinya dapat direalisasikan. Sembari kami menyiapkan SDM-SDM yang memadahi untuk mendukung pelaksanaan PPDB Online,” tandasnya. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin