Politik

Pendaftaran Caleg, Golkar dan PPP Paling Lancar

BATANG – Di tengah kecenderungan pembukaan penjaringan bakal calon legislatif (bacaleg) di sejumlah parpol yang sepi peminat, hal sebaliknya justru terjadi di Partai Golkar dan PPP. Kedua partai pengusung kepemimpinan Wihaji-Suyono saat Pilbup 2017 itu relatif paling lancar dalam menjaring para calon peserta Pileg 2019 tersebut.

Dua parpol di Kabupaten Batang, Golkar dan PPP, sudah berhasil memenuhi target 100% dalam penjaringan bakal calon legislatif (bacaleg) untuk Pemilu 2019. Kedua partai pengusung kepemimpinan Wihaji-Suyono saat Pilbup 2017 itu tercatat telah mengantongi 45 bacaleg.

Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Batang, Sri Umami SH, mengatakan, tidak ada kendala dalam proses penjaringan bacaleg di partainya. Dari 5 daerah pemilihan (dapil) yang ada di Kabupaten Batang, setiap dapilnya sudah terpenuhi.

“Alhamdulillah, yang terdaftar sudah 45 orang, sesuai target. Mereka tersebar di 5 dapil,” ungkapnya, Kamis (5/7).

Menurut Mami, demikian sapaan akrabnya, partainya saat ini tengah fokus menyelesaikan persyaratan administrasi dari semua bacaleg. Bahkan, 45 bacaleg juga sudah menjalani tes kesehatan di RSUD Kalisari, Senin lalu. “Kalau seluruh berkas sudah fix, insya Allah Senin pekan depan kita daftar ke KPU,” ujarnya.

Situasi yang hampir sama juga dialami Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Sampai dengan Kamis kemarin, sudah 32 nama bacaleg yang terdaftar. “Alhamdulillah, sejauh ini penjaringan di PPP berjalan lancar. Sudah 32 yang terdaftar sebagai bacaleg, baik dari kader internal maupun pendatang baru,” kata politisi PPP, Nur Faizin, kemarin.

Sejauh ini, kata dia, PPP tidak menemui kendala berarti. Pun dengan kuota 30% keterwakilan perempuan, partai itu juga sudah berhasil memenuhinya. Untuk pendaftaran ke KPU, Faizin memastikan sebelum tanggal 17 Juli sudah dilakukan.

“Dalam penjaringan, kami terbuka terhadap semua pendaftar, dari lapisan masyarakat manapun. Harapan kami, kuota bacaleg kami bisa terpenuhi full 45 orang. Jadi, masih ada kesempatan bagi siapapun yang ingin nyaleg melalui PPP,” terangnya. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati

Facebook Comments