Lawan Brasil, Skenario Sempurna Meksiko untuk Akhiri Kutukan 24 Tahun

oleh -
Meksiko bertekad mengakhiri catatan buruk di babak 16 besar Piala Dunia melawan Brasil (Reuters/Detikcom)
Meksiko bertekad mengakhiri catatan buruk di babak 16 besar Piala Dunia melawan Brasil (Reuters/Detikcom)

Samara – Meksiko dihantui kutukan yang sudah berlangsung 24 tahun di babak 16 besar Piala Dunia 2018. Laga melawan Brasil jadi kans sempurna Meksiko untuk mengakhirinya.

Meksiko akan menghadapi Brasil di babak 16 besar Piala Dunia 2018, Senin (2/7/2018) malam WIB. Di atas kertas, Meksiko tak diunggulkan atas juara dunia lima kali itu.

Jelang duel babak 16 besar, Meksiko dibayangi rekor buruk. Mereka tercatat tak pernah mampu melewati babak 16 besar dalam enam Piala Dunia terakhir.

Sejak 1994, langkah Meksiko di Piala Dunia selalu terhenti di babak 16 besar. Terakhir kali mereka sampai perempatfinal adalah saat jadi tuan rumah pada 1986. Sementara di Piala Dunia 1990, Meksiko tak ikut karena didiskualifikasi.

Meksiko pun bertekad untuk mengakhiri kutukan tersebut meski lawan yang dihadapi adalah Brasil. Menurut kapten Meksiko Andres Guardado, kemenangan atas Brasil justru akan menyempurnakan keberhasilan memutus catatan buruk tersebut.

“Kami tidak akan punya alasan seperti ini. Jika kami berhasil, itu karena kami bekerja dengan sangat baik,” ujar Guardado seperti dikutp AS.

“Jika kami juara grup dan dengan segala hormat untuk Swiss, jika kami mengalahkan Swiss, orang-orang akan bilang ‘Oh, itu Swiss.’ Begitulah kami (di Meksiko).”

“Jadi kami menghadapi skenario sempurna melawan Brasil, juara dunia lima kali dan ini adalah skenario luar biasa. Kami benar-benar bersemangat menyambut kesempatan yang sudah diberikan sepakbola kepada kami, situasi yang tidak bisa lebih baik lagi, dan semoga akhirnya kami mampu mengambil langkah ini,” katanya. (detikcom)