Bupati Wihaji Instruksikan Bidan “Nginceng” Ibu Hamil, Ada Apa…

by
DOK ISTIMEWA SK BIDAN - Keterangan Gambar : Bupati Batang Wihaji secara simbolis menyeraham SK Bidan Delima Kabupaten Batang Sabtu ( 26/6).
DOK ISTIMEWA
SK BIDAN – Keterangan Gambar : Bupati Batang Wihaji secara simbolis menyeraham SK Bidan Delima Kabupaten Batang Sabtu ( 26/6).

BATANG – Bupati Batang, Wihaji menginstruksikan seluruh Bidan Desa yang ada di Kabupaten Batang untuk “nginceng” seluruh ibu hamil yang ada di sekitarnya.

Instruksi tersebut diberikan mengingat hingga saat ini angka kematian ibu melahirkan di daerahnya masing cukup tinggi.

“Saya sudah perintahkan ke bidan – bidan desa untuk mengintensifkan program pemrintah provinsi Jawa Tengah untuk nginceng orang hamil. Ini penting dan bagian dari mengamati apabila terjadi permasalahan pada orang hamil,” ujar Bupati Wihaji usai menghadiri Hari Ulang Tahun Iakatan Bidan Indonesia ( IBI ) Kabupaten Batang ke 67 Sabtu ( 30/6).

Wihaji juga meminta kepada bidan untuk mendampingi ibu hamil, sehingga saat melahirkan baik ibu maupun anaknya bisa selamat.

“Sekarang setiap desa sudah memiliki bidan desa yang siap membantu mendeteksi permasalahan ibu hamil dan melahirkan. Semoga kedepannya kasus kematian ibu hamil dan saat melahirkan bisa diminimalisir,” jelas Wihaji.

Ketua Ikan Bidan Indonesia Kabupaten Batang, Yayan Nuryanah mengatakan, upaya pihaknya untuk mengurangi ibu melahirkan meninggal dunia dengan melakukan sosialisasi pengetahuan tentang pentingnya nutrisi makanan ibu hamil. Mengingat di pelosok – pelosok desa pantangan makanan masih ada. (fel/don)

Berita Lengkap Baca Harian Radar Pekalongan Besok