Dekatkan Siswa dengan Ranah Kesusastraan

by
SMK IN Pekalongan
MENGIKUTI - Siswa SMK IN tengah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sastra di sekolah. FAKHRUN NISA
SMK IN Pekalongan
MENGIKUTI – Siswa SMK IN tengah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sastra di sekolah.
FAKHRUN NISA

SMK IN Pekalongan

Dalam rangka mendekatkan siswa dengan dunia kesusastraan, SMK IN Pekalongan mengadakan kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) Asasin yang merupakan akronim dari Anak Sastra SMK IN.

Dalam kegiatan ini, siswa akan mengikuti beberapa pelatihan secara rutin. Diantaranya latihan membuat puisi, membaca puisi, musikalisasi puisi, dan menulis jenis karya sastra lainnya.

Demikian disampaikan Pembina Ekskul Asasin, Irfan Zidny SPd. Menurutnya, ekskul ini bertujuan menambah wawasan materi Bahasa Indonesia siswa, selain yang didapatkan dalam pembelajaran di kelas.

“Kegiatan ini dilakukan untuk menambah wawasan materi Bahasa Indonesia bagi siswa kelas X, XI, XII. Serta untuk melatih bakat siswa SMK IN dalam ihwal sastra,” jelasnya kepada Radar, Kamis (28/6).

Dijelaskan, ekskul Asasin telah berjalan selama dua tahun dan diikuti oleh sisykelas X dan XI. Memasuki tahun ketiga, Ekskul Asasin direncanakan akan mulai melakukan kegiatan di luar sekolah.

“Karena tergolong masih baru, sementara ini kegiatan masih dalam lingkup sekolah belum sampai keluar. Tapi tahun ini kami akan mulai untuk melaksanakan kegiatan luar sekolah seperti mengikuti lomba-lomba dan tampil di event-event luar sekolah,” jelas Zidny, sapaan akrabnya.

Zidny mengungkapkan, siswa yang mengikuti ekskul Asasin telah menghasilkan karya puisi dan menampilkan musikalisasi puisi. Menurutnya, antusias siswa cukup bagus. Pasalnya, siswa aktif mengikuti latihan rutin yang digelar setiap Selasa hingga sore hari. (run)