Southgate Kalah Berjudi dari Martinez, Inggris Kalah di Laga Pamungkas

by
Belgia mengakhiri laga di fase grup dengan sempurna. (AFP/JAWAPOS)
Belgia mengakhiri laga di fase grup dengan sempurna. (AFP/JAWAPOS)

Ada total 17 pergantian pemain yang dilakukan Inggris dan Belgia saat keduanya bertemu di Kaliningrad Stadium, Jumat (29/6) dini hari WIB. Baik Inggris maupun Belgia masih menurunkan kiper utama mereka dalam laga penutup Grup G ini. Sisanya didominasi para pemain pelapis yang belum maupun sudah pernah diturunkan dalam dua laga sebelumnya.

Babak Pertama

Inggris memulai laga dengan coba menguasai bola. Skuad The Three Lions seperti ingin mencoba membangun chemistry yang lebih kuat di antara pemain pelapis.

Meski tak terlalu banyak menguasai bola di awal pertandingan, Belgia justru yang mampu melakukan tembakan berbahaya ke gawang Inggris pada menit ke-6. Tendangan ini sempat membuat Jordan Pickford harus melompat untuk menepis bola.

Skuad Belgia sendiri memperagakan permainan pressure yang cukup ketat ketika para pemain Inggris tengah menguasai bola. Strategi yang sempat nyaris membuat petaka bagi Inggris pada menit 9.

Sebuah skrimit di depan gawang Pickford masih bisa dimanfaatkan Batshuayi dengan sebuah sepakan. Bola sempat menggelinding ke arah gawang, namun masih dibuang oleh Gary Cahill.

Perlahan tapi pasti, skuad Belgia mulai mengurangi ketinggalan mereka dalam menguasai bola. Persentase penguasaan bola Inggris yang sempat lebih dari 60 persen di awal laga berhasil dikurangi. Menjelang akhir babak pertama skuad Red Devils berhasil mencapai angka 48 persen dalam penguasaan bola.

Inggris dan Belgia sebenarnya tampil cukup ngotot di laga ini. Para pemain pelapis tak pernah berhenti melakukan tekanan terhadap pertahanan masing-masing lawan. Bahkan Belgia mampu menciptakan lebih banyak peluang melalui 10 tembakan. Berbanding 4 yang dilakukan skuad Inggris.

Sayang semua peluang yang didapat tak kunjung berbuah gol. Hasil sementara, Inggris dan Belgia masih belum mampu menciptakan gol di babak pertama.

Babak Kedua

Inggris mendapat kesempatan pertamanya di babak kedua melalui sepakan Marcus Rashford. Namun, tendangan pemain muda Manchester United ini masih jauh dari sasaran.

Namun demikian, permainan Belgia yang lebih efektif justru mampu membuahkan hasil manis. Sebuah serangan yang dirancang Belgia dari sisi kanan memberi kesemapatan bagi Adnan Januzaj untuk melakukan penetrasi.

Tak mendapat pengawalan ketat, eks pemain Manchester United ini pun dengan leluasa melakukan tembakan dengan kaki kirinya. Bola pun melesat ke pojok kanan gawang tanpa bisa ditepis Pickford.

Inggris kembali mendapatkan peluang melelui sebuah serangan balik pada menit 65. Sayang, Rashford yang sudah berhadapan one on one gagal memanfaatkannya dengan baik. Bola masih mengarah ke samping gawang Courtois.

Tertinggal 0-1 membuat pelatih Gareth Southgate mencoba mempertajam lini depan. Alexander-Arnold ditarik untuk digantikan oleh Danny Welbeck pada menit 78. Gempuran The Three Lions memang menjadi lebih meningkat.

Bahkan Welbeck langsung mendapat tembakan terarah pertamanya beberapa menit kemudian. Beruntung masih ada Fellaini yang membuat arah bola menjauh dari gawang Courtois.

Namun Belgia tak kalah gertak. Mereka tetap berusaha mencari peluang untuk mendapatkan gol kedua ke gawang Inggris. Padahal, komposisi skuad tak terlalu banyak berubah. Sejumlah peluang pun didapat Belgia menjelang akhir pertandingan. Seperti tendangan Fellaini yang mengenai samping gawang.

Hingga akhirnya hasil pertandingan pun resmi berakhir. Inggris dikalahkan Belgia melalui tendangan melengkung Adnan Januzaj. Inggris kalah oleh tendangan pemain yang pernah bermain di liga negeri mereka. Perjudian kedua pelatih yang sama-sama menurunkan pemain pelapis pun berakhir dengan kemenangan Martinez.

Inggris 0-1 Belgia
(Januzaj 51′)

Susunan Pemain

Inggris (3-5-2): 1-Pickford, 3-Rose, 4-Dier, 5-Stones (6-Maguire 46′), 11-Vardy, 15-Cahill, 16-Jones, 17-Delph, 19-Rashford, 21-Loftus-Cheek, 22-Alexander-Arnold (14-Welbeck 78′)
Pelatih: Gareth Southgate

Belgia (4-2-3-1): 1-Courtois, 3-Vermaelen (4-Kompany 74′), 8-Fellaini, 16-T. Hazard, 17-Tielemans, 18-Januzaj (14-Mertens 86′), 19-Dembele, 20-Boyata, 21-Batshuayi, 22-Chadli, 23-Dendoncker
Pelatih: Roberto Martinez

Wasit: Damir Skomina (Slovenia) (jawapos)