Usai Libur Lebaran, Pemohon SKCK Meningkat hingga Dua Kali Lipat

by
MENGANTRE - Sejumlah warga mengantre di ruang pelayanan penerbitan SKCK di Polres Pekalongan Kota, Kamis (28/6). MENGANTRI
MENGANTRE – Sejumlah warga mengantre di ruang pelayanan penerbitan SKCK di Polres Pekalongan Kota, Kamis (28/6).
WAHYU HIDAYAT

KOTA PEKALONGAN – Jumlah permohonan penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polres Pekalongan Kota mengalami peningkatan luar biasa usai libur cuti lebaran 2018.

Sebagaimana terpantau pada Kamis (28/6). Tercatat, jumlah pemohon penerbitan SKCK mencapai 79 orang, atau meningkat sekitar dua kali lipat dari hari-hari biasanya yang berkisar antara 30 sampai 40 pemohon.

Kasat Intelkam Polres Pekalongan Kota AKP Edi Sudarmono, melalui KBO Intelkam Ipda Sunarto, menuturkan peningkatan permohonan SKCK terjadi sejak beberapa hari terakhir. Misalnya saja pada Selasa (26/6), tercatat ada 75 permohonan.

“Sedangkan pada Senin (25/6) tercatat ada 33 pemohon, Sabtu (23/6) ada 18 pemohon, dan Jumat (22/6) ada 43 pemohon,” katanya, Kamis (28/6).

Menurutnya, membludaknya permohonan penerbitan SKCK baru ini biasa terjadi usai lebaran. Peningkatan jumlah pemohon juga biasa terjadi menjelang adanya rekrutmen CPNS maupun masa-masa pendaftaran mahasiswa baru di sejumlah perguruan tinggi.

Sunarto menambahkan, penerbitan SKCK itu digunakan untuk beragam kepentingan bagi para pemohonnya. Sebagian besar untuk melamar pekerjaan, perpanjangan kontrak kerja, persiapan mendaftar CPNS, mendaftar perguruan tinggi, sampai ada pula yang untuk persiapan mendaftar bakal calon anggota legislatif. “Mereka memanfaatkan waktu, mumpung masuh di kampung halaman panjang untuk membuat SKCK,” imbuhnya. (way)