Meski Terdampak Rob, Warga Tetap Antusias Gunakan Hak Pilihnya

by
MUHAMMAD HADIYAN PANTAU - Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi bersama Forkompinda memantau pelaksanaan pemungutan suara Pilgub 2018 di TPS Pesanggrahan, Kecamatan Wonokerto, kemarin.
MUHAMMAD HADIYAN
PANTAU – Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi bersama Forkompinda memantau pelaksanaan pemungutan suara Pilgub 2018 di TPS Pesanggrahan, Kecamatan Wonokerto, kemarin.
KAJEN – Bupati Pekalongan Asip Kholbihi bersama Wakil Bupati Arini Harimurti, beserta jajaran Forkompinda Kabupaten Pekalongan, melaksanakan pemantauan langsung Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa tengah 2018 di wilayah rob, Rabu (27/6). Pemantauan ini dilakukan untuk memastikan pelaksanaan Pilgub berjalan dengan aman dan kondusif, khususnya di wilayah terdampak rob.
Setidaknya ada 13 TPS yang tercatat rawan rob. Yakni delapan TPS di Jeruksari Tirto, dua TPS di Pecakaran, dua di Pesanggrahan Kecamatan Wonokerto, dan satu di Desa Semut Siwalan. Namun, pada saat pelaksanaan, kondisi TPS sudah kering atau tidak tergenang rob.
“Alhamdulillah, hari H pelaksanaan Pilgub berjalan lancar. Tingkat partisipasi terpantau menggembirakan,” jelas Bupati Asip Kholbihi, di TPS Pesanggrahan, kemarin.
Bahkan di tempat terdampak rob, masyarakat berbondong-bondong datang ke TPS, mereka tidak mengkhawatirkan kondisi limpasan air laut, yang setiap hari hari datang saat siang hari, dan pagi hari surut.
“TPS yang kesehariannya terdampak rob, tidak menjadi pengaruh pada masyarakat yang memiliki hak pilih. Kondisi alam tidak menjadi rintangan, meski pagi ini surut dan siang nanti rob naik. Tapi mereka tetap berbondong-bondong datang ke TPS,” tandas Asip.
Hal tersebut menurut bupati lantaran edukasi politik dinilai sudah berjalan baik, sehingga pihaknya menyampaikan terima kasih kepada KPU selaku penyelenggara, dan juga Polres Pekalongan serta 0710 Pekalongan, karena mampu menciptakan situasi aman, juga kondusif.
“Semoga dengan partisipasi pemilih yang kita saksikan seperti ini, walaupuan hanya di beberapa TPS saja yang kita kunjungi. Kita semua mengharapkan sesuai dengan target bisa mencapai 70 persen partisipasinya,” jelas bupati.
Hal senada juga disampaikan Ketua KPU Mudasir yang turut serta dalam pemantauan pemungutan suara di beberapa TPS. Pihaknya melihat partisipasi masyarakat cukup baik dan optimis terjadi peningkatan dibanding pada pelaksanaan sebelumnya. (yan)