Gelar Razia, Polsek Batang Sita Ribuan Petasan

by
Razia Petasan
DISITA - Kapolsek Batang Kota dan jajarannya menunjukan barang bukti petasan yang disita dari warga. M Dhia Thufail
Razia Petasan
DISITA – Kapolsek Batang Kota dan jajarannya menunjukan barang bukti petasan yang disita dari warga.
M Dhia Thufail

BATANG – Polsek Batang Kota, Polres Batang, Polda Jateng berhasil menyita ribuan petasan berbagai jenis, dalam kegiatan razia kepolisian yang ditingkatkan di wilayah Kecamatan Batang, Kamis (21/6).

Ribuan petasan tersebut diamankan dari sejumlah pedagang yang ada di pertokoan, warung maupun penjual keliling. Petasan hasil razia kemudian diamankan sebagai barang bukti ke Polsek Batang Kota untuk proses lebih lanjut.

Kepala Polres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga melalui Kapolsek Batang Kota AKP Asfauri mengatakan bahwa selama bulan ramadhan dan Lebaran Idul Fitri, pihaknya gencar melaksanakan razia miras dan petasan. Hal ini dilakukan untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif tanpa gangguan keamanan.

“Dari hasil razia kali ini, kita amankan ribuan petasan berbagai jenis. Petasan diamankan dari sejumlah warung atau toko penjual kembang api yang ada di wilayah Kecamatan Batang,” ungkap Kapolsek.

Adapun barang bukti yang diamankan petugas berupa 205 selongsong petasan, 201 petasan sudah terisi obat, 1 kilogram obat petasan, 1.200 petasan jenis cengis, 20 alat totol, sebuah pisau, dan dua buah baut toto.

Untuk mengantisipasi meledaknya petasan tersebut, kata Kapolsek, maka barang bukti akan dimusnahkan dengan cara direndam air.

“Para penjual petasan kita lakukan pendataan dan kita berikan arahan agar tidak mengulangi lagi perbuatannya. Sedangkan barang bukti berupa petasan akan kita musnahkan dengan cara direndam air,”

Kapolsek menambahkan pihaknya akan terus melakukan razia baik miras maupun petasan di wilayah Kecamatan Batang. Harapannya situasi Kamtibmas di wilayah hukumnya bisa tetap terjaga. (fel)