Metro Pekalongan

Habib Luthfi Salurkan Zakat 100 Ton Beras

Zakat Habib Luthfi

ZAKAT – Ratusan ton beras zakat dari Habib Luthfi dan keluarga siap disalurkan kepada yang berhak, saat malam Idul Fitri 1439 H, Kamis (15/6) malam.

KOTA PEKALONGAN – Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Rais ‘Aam Idaroh Aliyah Jam’iyyah Ahlit Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (JATMAN) KH Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya pada malam Idul Fitri 1439 H, Kamis (14/6) malam, kembali mengeluarkan zakat berupa 100 ton lebih beras.

Dari zakat yang dikeluarkan itu, Habib Luthfi menyalurkan kepada panti-panti asuhan yatim piatu di wilayah Pekalongan dan sekitarnya, sejumlah Polsek, Koramil, warga terdampak rob di Pekalongan, dan sejumlah pihak lain yang berhak.

Adapun proses pendistribusian dibantu oleh puluhan santri, bersama anggota Banser, GP Ansor, anggota TNI dari Kodim 0710/Pekalongan, Yonif 407, Sub Denpom, maupun anggota Polres Pekalongan Kota, Brimob Pekalongan, dan sejumlah ormas. Penyaluran juga dibantu menggunakan beberapa truk dan kendaraan lain milik TNI dan Polri.

Kegiatan pendistribusian zakat itu dihadiri sejumlah tokoh, antara lain dari jajaran pengurus PCNU Kota Pekalongan, Polres Pekalongan Kota, dan Kodim Pekalongan.

Habib Luthfi menjelaskan, beras zakat itu didistribusikan ke sekitar 40 titik di wilayah Kota Pekalongan dan sekitarnya. “Alhamdulillah ada lebih dari 100 ton. Pendistribusian ke 40 titik. Dibantu oleh saudara-saudara kita dari TNI, Polri, Banser, dan banyak pihak lainnya,” ungkap Habib.

Adapun jumlah beras untuk masing-masing lokasi, disesuaikan dengan kebutuhan si penerima. Misalnya ke panti asuhan, disesuaikan dengan jumlah penghuni panti asuhan dimaksud. “Ada juga yang didistribusikan ke warga terdampak rob di Pekalongan,” terangnya.

Habib Luthfi berharap kepada umat muslim yang telah menjalankan ibadah puasa ramadan agar puasanya mabrur.
“Sebagaimana orang menjalankan ibadah haji, sepulangnya dari ibadah haji pasti ingin agar hajinya mabrur. Begitu pula orang setelah menjalankan ibadah puasa, pasti inginnya agar puasanya mabrur,” imbuh Habib.

Salah seorang penanggung jawab penyaluran zakat, Fatkhurrohman, yang juga Komandan Satkorcab Banser Kota Pekalongan, mengatakan, apa yang telah dilakukan Habib Luthfi merupakan kegiatan rutin setiap malam Idul Fitri dan itu dilakukan sudah berjalan cukup lama.

Dikatakan, disamping didistribusikan kepada panti panti asuhan yatim piatu dan pondok pesantren, Habib Luthfi juga secara rutin mengirimkan zakatnya ke polsek-polsek maupun koramil di wilayah Pekalongan dan sekitarnya.

Pendistribusian zakat dimulai sejak usai shalat maghrib dan rampung sekitar jam 2 pagi disaksikan langsung oleh Habib Luthfi di kediamannya di Jalan dr Wahidin, Noyontaan Gang 7, Pekalongan Timur, Kota Pekalongan. (way)

Facebook Comments