Radar Pendidikan

Paud Kawula Mentari Ajarkan Anak Berzakat

Paud Kawula Mentari Batang

ZAKAT – Paud Kawula Mentari Batang saat membagikan zakat ke masyarakat sekitar Batang.
NOVIA ROCHMAWATI / RADAR PEKALONGAN

BATANG – Bulan Ramadan lalu dijadikan Paud Kawula Mentari untuk mengajak anak didiknya berzakat. Yakni dengan menjalankan zakat fitrah dan membagikannya ke masyarakat sekitar Batang. Hal ini diharapkan dapat mengajarkan anak didiknya akan pentingnya zakat. Khususnya zakat fitrah yang menjadi kewajiban setiap manusia setiap tahunnya di bulan Ramadan.

“Di bulan Ramadan lalu kami sengaja mengajak anak didik kami untuk berzakat ke masyarakat sekitar. Jadi zakat fitrah mereka kami koordinir untuk diberikan ke masyarakat sekitar tempat mereka. Khususnya bagi mereka yang membutuhkan. Hal ini kami lakukan untuk mengajarkan anak didik kami pentingnya zakat fitrah, apalagi zakat fitrah hukumnya wajib bagi setiap muslim di bulan Ramadan,” terang Kepala Paud Kawula Mentari, Hanik Tri W, saat diwawancarai Radar Pekalongan, Selasa (19/6).

Diterangkan, zakat sendiri tak hanya dibagikan di sekitar Paud. Namun juga ke wilayah dekat tempat tinggal siswanya. Meliputi Matangan, Denasri, Kebanyon, Kedungmiri dan lainnya. Dalam kegiatan itu dibagikan sebanyak 75 kantong beras yang dikumpulkan anak didiknya.

Hanik menambahkan, kegiatan ini diharap dapat menjadi pembelajaran bagi siswanya. Agar bisa menyalurkan zakat fitrah tiap tahunnya. Selain itu diharapkan zakat disalurkan tepat pada orang yang membutuhkan dan pantas menerima zakat.

Ia juga berharap, ke depan anak didiknya dapat lebih peduli dengan masyarakat lingkungan sekitarnya. Sehingga dapat berjiwa sosial dan mengetahui pihak-pihak mana saja yang pantas dan membutuhkan bantuan. Selain itu pihaknya juga ingin ketika muridnya besar nanti, mereka bisa turut mengeluarkan zakat harta benda. Khususnya jika mereka dalam keadaan mampu dan berlebih.

“Kami harap ke depan anak lebih tau mana saja pihak-pihak yang berhak menerima zakat fitrah dari kita. Selain itu kami juga harap ketika mereka besar nanti mereka jika punya harta yang lebih bisa dizakatkan pula. Sehingga dengan ini mereka lebih berjiwa sosial dan peka terhadap lingkungan sekitar,” tandasnya. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments