Pelunasan HTR Rastra Ditarget Akhir November

by
HTR Rastra
BERI REWARD - Wakil Bupati Batang, Suyono saat memberikan reward kepada kecamatan yang sudah melunasi HTR Rastra, saat kegiatan rakor, Rabu (15/11). NOVIA ROCHMAWATI
HTR Rastra
BERI REWARD – Wakil Bupati Batang, Suyono saat memberikan reward kepada kecamatan yang sudah melunasi HTR Rastra, saat kegiatan rakor, Rabu (15/11).
NOVIA ROCHMAWATI

BATANG – Penyaluran beras sejahtera (rastra) di Kabupaten Batang sudah berjalan 100 persen. Meski begitu Penyetoran Harga Tebus Rastra (HTR) masih belum mencapai target. Oleh karenanya, Pemkab Batang berharap agar masyarakat lewat kecamatan segera menyetorkan HTR rastra paling lambat akhir November.

“Rastra ini semoga bermanfaat bagi masyarakat Batang. Tidak muncul persoalan lain yang membuat pak camat dan pak kades pusing. Yang penting beras tersalurkan dan uang tersalurkan dan lancar administrasinya ini merupakan bagian yang terpenting dan kita semua menjadi damai,” terang Wakil Bupati Batang, Suyono saat membuka Percepatan Pelaksanaan Penyaluran dan Penyetoran Harga Tebus Rastra (HTR) Kabupaten Batang di aula Kantor pemkab Batang rabu (15/11).

Dalam kesempatan tersebut Suyono juga memberikan reward kepada camat yang telah memenuhi pelunasan HTR. Yakni Camat Reban, Tersono, Gringsing dan Banyuputih. Masing-masing camat diberikan reward berupa uang Rp 500.000.

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian Setda Batang, Subiyanto menerangkan, tahun ini Kab Batang dijatah 53.141 Rumah Tangga Sasaran (RTS). Jumlah ini menurun dari tahun sebelumnya yang mencapai 59.046 RTS tahun 2016. Dan penyetoran HTR hingga kini masih terealisasi Rp14.322.480.000 dari jumlah Rp15.304.608.000.

“Memang pelunasan HTR ini masih bervariasi antar kecamatan. Kecamatan yang cepat dan tepat melunasi HTR tentunya akan kami beri reward. Untuk di Batang ini memang rata-rata pelunasannya sekitar 20 hari pasca penyaluran. Nah kita ada kekurangan sekitar Rp982.128.000, dan kalau bisa sudah lunas akhir November ini,” harap Subiyanto.

Meski begitu, Kepala Bulog Divre Pekalongan, Muchson mengapresiasi kinerja penyaluran dan pelunasan rastra di Batang. Pasalnya dibandingkan dengan kabupaten dan kota, Batang menempati peringkat 1 penyaluran dan Penyetoran sementara rastra Batang menempati peringkat 1.

“Terhitung 14 November kemarin, penyaluran rastra di Batang sudah mecapai 100 persen, yakni 9.565.380 Kg beras. Dan dengan itu mendapat peringkat 1 bersama dengan Kabupaten Tegal yang juga sudah 100 persen. Nah untuk penyetoran HTR nya juga menduduki peringkat pertama, sudah terealisasi 93%. Nah kami harap kinerja yang baik ini bisa diselesaikan sebelum waktunya,” tandasnya. (nov)

Penulis: Novia Rochmawati & Redaktur: Dony Widyo