KPU Batang Kekurangan 1.005 Surat Suara

by
Sortir Surat Suara
SORTIR - KPU Batang mengerahkan puluhan tenaga untuk melakukan penyortiran surat suara yang akan digunakan pada Pilgub mendatang. M Dhia Thufail
Sortir Surat Suara
SORTIR – KPU Batang mengerahkan puluhan tenaga untuk melakukan penyortiran surat suara yang akan digunakan pada Pilgub mendatang.
M Dhia Thufail

BATANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang, menemukan sebanyak 320 surat suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah 2018 mengalami kerusakan.

“Kerusakan surat suara tersebut, di antaranya karena ada noda tinta, sobek, serta cetakan tidak sempurna pada gambar foto pasangan calon,” kata Ketua KPU Kabupaten Batang Adi Pranoto, Selasa (29/5).

Temuan surat suara rusak, kata dia, ditemukan saat dilakukan sortir dan pelipatan yang melibatkan 50 pekerja. Kegiatan sortir dan lipat tersebut, katanya, berlangsung sejak Kamis (24/5) hingga Senin (28/5) siang.

Setelah ditotal, katanya, jumlah surat suara rusak dengan berbagai kategori sebanyak 320 surat suara. Selain itu, kata dia, terdapat kekurangan jumlah surat suara sebanyak 685 surat suara.

Kekurangan tersebut, kata dia, diketahui ketika proses sortir dan pelipatan yang seharusnya setiap kemasan berisi 2.000 lembar, ternyata ada yang kurang.

Dengan demikian, kata dia, jumlah kekurangan surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng sebanyak 1.005 surat suara.

“Kami sudah melaporkannya kepada KPU Provinsi Jateng karena proses cetak surat suaranya ditangani oleh mereka,” ujarnya.

KPU Batang berharap setelah laporan kekurangan surat suara tersebut disampaikan bisa secepatnya mendapatkan pengganti untuk dilakukan sortir dan lipat.

Adapun total jumlah surat suara yang disortir dan dilipat sebanyak 603.680 surat suara. Jumlah tersebut, termasuk surat suara tambahan 2,5 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di setiap tempat pemungutan suara (TPS). (fel)