Safari Ramadan, Ngaji Safinatunnajah

oleh -
Safari Ramadan, Ngaji Safinatunnajah
MENGAJI - Suasana Mengaji Pasaran Kitab Safinatunnajah PR IPNU IPPNU Yosorejo. FAKHRUN NISA / RADAR PEKALONGAN
Safari Ramadan, Ngaji Safinatunnajah
MENGAJI – Suasana Mengaji Pasaran Kitab Safinatunnajah PR IPNU IPPNU Yosorejo.
FAKHRUN NISA / RADAR PEKALONGAN

KOTA – Pada bulan Ramadan tahun ini, Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Yosorejo menggelar kegiatan Safari Ramadan. Dalam kegiatan yang dilaksakan selepas subuh, anggota dan masyarakat mengaji bersama Kitab Safinatunnajah, yakni kitab kuning yang membahas seputar ilmu fiqih.

Ketua PR IPNU Yosorejo, Khasan Khafidz, menuturkan Safari Ramadan dilaksanakan secara bergilir dari masjid ke masjid di Kelurahan Yosorejo, diantaranya di Masjid Arrohman, Masjid Baiturrahim, Mushola Darut Taqwa, dan Mushola Istiqomah. Kitab Safinatunnajah dikaji oleh dua ustadz secara bergiliran sesuai jadwal yang telah ditentukan.

“Bulan Ramadan adalah bulan yang selalu dinantikan karena penuh rahmat dan maghfiroh. Hal inilah yang menjadi penggerak bagi kami untuk turut aktif menyemarakkan Ramadan dengan kegiatan positif yakni safari mengaji kitab di seluruh wilayah Yosorejo,” ujar Khafidz, sapaan akrabnya.

Kegiatan Safari Ramadan ini menjadi momentum bagi PR IPNU dan IPPNU Yosorejo untuk lebih mengeksistensikan organisasi di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memakmurkan masjid dan mushola yang ada di Kelurahan Yosorejo.

Melalui kegiatan ini, Hafidz berharap anggota IPNU dan IPPNU serta masyarakat bisa lebih memahami ilmu fiqih dengan baik dan benar. Menurutnya, Safari Ramadan menjadi salah satu program kerja yag bermanfaat dan akan dijadikan kegiatan rutin setiap bulan puasa pada tahun-tahun berikutnya.

“Harapan saya dengan ngaji Kitab Safinatunnajah ini, kita semua khususnya kader IPNU dan IPPNU bisa semakin baik akhlaknya, bisa belajar ilmu fiqih secara mendalam, serta tata cara sholat dan sebagainya lebih rinci dan rutin,” pungkasnya. (mg6)

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin