Radar Pendidikan

Workshop Database, Permudah Pendataan Anggota

Workshop Database, Permudah Pendataan Anggota

WORKSHOP – Perwakilan dari setiap PR IPNU dan IPPNU Kota Pekalongan mengikuti Workhsop Database.
FAKHRUN NISA / RADAR PEKALONGAN

*PC IPNU dan IPPNU Kota Pekalongan

KOTA – Untuk mempermudah pendataan anggota, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kota Pekalongan menggelar Workshop Database pada Sabtu (19/5). Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari setiap Pimpinan Ranting (PR) dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) di seluruh Kota Pekalongan. Sekitar 200 orang mengikuti kegiatan yang bertempat di Gedung Aswaja jalan Sriwijaya 2 Pekalongan.

Ketua IPPNU Kota Pekalongan, Arie Fitriyani, menuturkan workshop database dilaksanakan bersamaan dengan Silaturahim dan Buka Bersama Pengurus IPNU dan IPPNU se Kota Pekalongan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi kepada para pengurus di tataran ranting dan anak cabang perihal program database yang tengah menjadi program kerja PC IPNU dan IPPNU.

“Hanya sebagian kecil data anggota IPNU dan IPPNU yang sudah masuk di database via online, sedangkan sebagian lain masih tersimpan secara manual di kertas. Dengan database yang terintegrasi dengan baik kami berharap dapat mengetahui jumlah pasti anggota IPNU dan IPPNU secara keseluruhan di Kota Pekalongan,” ujarnya kepada Radar, Sabtu (19/5).

Dijelaskan, penggunaan database via online sudah mulai dilaksanakan pada periode sebelumnya. Tetapi program tersebut belum berjalan dengan baik karena sebagian besar data anggota masih berada dalam formulir manual. Dengan workshop database ini, pengurus IPNU dan IPPNU di tiap-tiap ranting dan anak cabang diharapkan mampu menyosialisasikan database online kepada para anggota dan menghimbau mereka untuk mengisi data diri.

“Belajar dari sebelumnya, kami mulai mengenalkan lagi kepada para pengurus dan anggota di tingkat ranting dan anak cabang tentang database online ini. Kami juga memberikan contoh langsung pengisian data diri di form yang telah kami buat sehingga memberikan gambaran bagi mereka,” tutur Arie, sapaan akrabnya.

Melalui workshop database ini, Arie menghimbau kepada seluruh anggota IPNU dan IPPNU di tataran ranting dan anak cabang untuk memasukkan data diri ke laman yang telah dibuat. Menurutnya, pendataan anggota dengan sistem online ini juga bertujuan untuk mengetahui latar belakang anggota. Database yang terintegrasi dengan baik memudahkan PC IPNU dan IPPNU Kota Pekalongan jika hendak menjalin kerja sama dengan organisasi atau instansi lain. (mg6)

Penulis: Fakhrun Nisa | Radar Pekalongan
Redaktur: Dalal Muslimin

Facebook Comments