Feri Terciduk Curi Beras di Dalam Pasar

by
Maling Beras
DIPERIKSA - Feri yang tertangkap oleh pedagang saat mencuri beras di pasar Batang diperiksa oleh penyidik Polsek Batang, kemarin. M Dhia Thufail
Maling Beras
DIPERIKSA – Feri yang tertangkap oleh pedagang saat mencuri beras di pasar Batang diperiksa oleh penyidik Polsek Batang, kemarin.
M Dhia Thufail

BATANG – Sudah berulangkali melakukan aksi pencurian beras di kompleks pasar Batang sementara, Feri Hakiki (25) warga Desa Mekuneng, Kecamatan Warungasem, Selasa (14/11) siang kemarin berhasil dibekuk oleh anggota Kepolisian Sektor Batang Kota.

Feri berhasil dibekuk setelah sebelumnya diamankan oleh pedagang pasar sekitar. Perbuatan Feri dapat digagalkan oleh sejumlah pedagang beras, karena sudah berulangkali pedagang beras di kompleks pasar Batang sementara mengeluhkan banyak kehilangan barang dagangannya tersebut.

Diceritakan oleh korban bernama Udin (50) salah seorang suplier beras di pasar Batang sementara, bahwa kejadian bermula saat dirinya sudah sangatmerasa kesal, karena sering kehilangan beras yang akan dikirimnya ke para pedagang di pasar.

Dengan rasa kesal tersebut, akhirnya Udin mencoba untuk memancing perbuatan pelaku. Ia bersembunyi disekitar pasar dan membiarkan mobil pick up nya yang berisikan puluhan karung beras terparkir di areal pasar.

“Benar saja, setelah beberapa lama saya intai, tiba tiba pelaku datang dengan mengendarai sepeda motor mendekati mobil dan mengambil 1 karung beras dengan berat 25 kg tersebut. Kemudian, beras itu ia naikkan ke sepeda motor dan lansung tancap gas begitu saja,” terang Udin.

Namun tanpa menunggu lama, setelah melihat perbuatan pelaku tersebut, Udin bergegas menangkap pelaku dan diserahkan kepada pengurus pasar. Hingga akhirnya pelaku dapat dievakuasi oleh petugas, untuk menghindari adanya amukan massa.

“Jadi dalam setiap aksinya, pelaku sanggup mangangkut paling tidak 2-3 karung dari dalam pick up. Tidak hanya saya yang kehilangan, namun pedagang beras lainnya juga. Dihitung, pelaku ini sudah mencuri puluhan karung dari dalam kompleks pasar Batang,” ujarnya.

Saat ini, tersangka dan sejumlah korban masih diperiksa diruang Unit Satreskrim Polsek Batang kota, guna penyidikan lebih lanjut. Atas kejadian tersebut, sejumlah korban menderita kerugian hingga jutaan rupiah. Karena setiap karung beras, ditaksir mencapai 235 ribu rupiah.

Sementara, dikatakan Kapolsek Batang, AKP Bambang Sugiyanto, beras hasil curian pelaku tersebut ia jual pada salah seorang pengepul di Desa Mekuneng, Kecamatan Warungasem. Pelaku menjual hasil curiannya dengan harga yang cukup miring.

“Jadi sebelumnya, pelaku yang merupakan kuli panggul ini disuruh oleh majikannya untuk membeli lauk. Namun ternyata, dengan mengendarai sepeda motor milik majikannya tersebut, pelaku malah pergi ke pasar Batang untuk melakukan tindak pencurian. Namun saat ini kami masih menyelidiki, apakah hasil curian pelaku ini ditampung di tempat majikannya ini atau tidak,” tandas Kapolsek. (fel)

Penulis: M. Dhia Thufail & Redaktur: Dony Widyo