Gedung Dispaperta Rp 5,3 M Segera Rampung

by
Proyek Gedung Pertanian
FINISHING – Gedung baru nan megah ini akan menjadi kantor baru Dispaperta. Pelaksanaan proyeknya tinggal finishing dan ditargetkan selesai di minggu ini.
Proyek Gedung Pertanian
FINISHING – Gedung baru nan megah ini akan menjadi kantor baru Dispaperta. Pelaksanaan proyeknya tinggal finishing dan ditargetkan selesai di minggu ini.

BATANG – Jajaran pegawai Dinas Pangan dan Pertanian (Dispaperta) Kabupaten Batang tidak lama lagi akan menempati kantor baru yang lebih representatif. Pasalnya, proyek gedung baru senilai Rp 5,3 miliar dipastikan segera rampung pembangunannya.

Proyek belanja modal dan gedung kantor itu dibangun dengan anggaran dari pos Dana Alokasi Umum (DAU) 2017 dengan pagu Rp 6.096.897.500. Sementara nilai kontrak disepakati dengan CV Bina Artha Perkasa selaku pelaksana sebesar Rp 5.313.313.000.

“Kontraknya memang telah habis per Senin, 13 November 2017 kemarin. Tetapi alhamdulillah progresnya sudah 97%, insya Allah dalam minggu ini pekerjaan sudah bisa selesai. Soal perpanjangan waktu tetap kami berlakukan sesuai aturan perhari ini,” kata Triadi Susanto ST selaku Pejabat Pemegang Komitmen (PPKom).

Dia menjelaskan, saat ini proyek itu tengah dalam tahap finishing, seperti pengecatan, pemasangan daya listrik, pembersihan lingkungan, serta perapihan. Sejauh ini, proses pelaksanaan pekerjaan juga mendapatkan pendampingan dari Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Batang. “Insya Allah dalam dua atau tiga hari ini bisa selesai,” imbuh Triadi.

Namun demikian, pembangunan proyek itu menurut dia selesai dengan catatan. Sebab, lanjut Triadi, ada beberapa penyesuaian RAB karena kebutuhan di lapangan. Beberapa item konstruksi di gedung B lantai 1-3 sebelumnya tak tercover dalam RAB, seperti tangga beton, plat buhul dan lainnya.

“Karena itu, untuk merealisasikan item-item itu, dilakukan adendum dengan mengurangi item lain yang semestinya ada, seperti pos satpam, plafon lantai 3 gedung B, penataan halaman, dan lainnya. Tetapi, meski mungkin belum maksimal, nantinya gedung baru sudah bisa dimanfaatkan ,” terangmya.

Selain gedung Dispaperta, Triadi berstatus PPKom untuk proyek pembangunan gedung ICU dan Hemodialisa 2 lantai milik RSUD Batang. Pekerjaan dengan nilai kontrak mencapai Rp 6.451.858.100 itu bahkan telah berhasil diselesaikan oleh PT Muara Mitra Mandiri selaku penyedia jasa.

“Pemeriksaan akhir pekerjaan sudah dilakukan sejak 9 November lalu dan alhamdulillah sudah dinyatakan 100%,” pungkasnya. (sef)

Penulis: Akhmad Saefudin & Redaktur: Dony Widyo