58 Tahanan Teroris Dipindah dari Nusakambangan

by

CILACAP- Sedikitnya 58 tahanan teroris dipindah dari tiga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Pulau Nusakambangan Cilacap, ke Rumah Tahanan (Rutan) Gunung Sindur, Bogor Jawa Barat, Minggu (20/5).

Pantauan Radarmas, dari total enam bus penjemput tahanan, empat bus pertama milik Korps Brimob masuk ke Dermaga Wijayapura Pelindo III Tanjung Intan Cilacap sekitar pukul 04.00, dan langsung diseberangkan ke Pulau Nusakambangan. Dua bus lainnya kemudian menyusul sekitar pukul 05.30 dan standby di depan Dermaga.

Dengan kawalan Barracuda, sekitar pukul 06.00 rombongan Kapolres Cilacap dan Dandim Komando Distrik Militer 0703/Cilacap masuk ke Dermaga Wijapura dan langsung menuju Pulau Nusakambangan dengan menggunakan kapal penyebarangan dengan membawa satu bus lainnya.

Sementara rombongan pengamanan pemindahan tahanan yang dipimpin langsung Kapolres masuk ke Nusakambangan. Tidak kemudian mengendurkan pengamanan di sekitar Dermaga Wijayapura. Petugas membuat barikade di mana tidak semua orang boleh masuk.

Sekitar pukul 08.50, pintu Dermaga dibuka, sejumlah personil Polres Cilacap dengan sepeda motor trail keluar, yang kemudian disusul puluhan personil Brimob dan rombongan Kapolres.

Satu persatu bus keluar Dermaga. Lima bus terisi tahanan dan satu bus kosong atau terisi petugas. Tidak lebih dari 15 menit atau pukul 09.05, lima bus pengangkut tahanan dan satu bus berisi petugas meninggalkan Dermaga Wijayapura.

Kapolres Cilacap, AKBP Djoko Julianto kepada awak media mengatakan, tidak kurang dari 600 personel dari Polres Cilacap dan Kodim 0703/Cilacap disiapkan untuk mengamankan pemindahan tahanan kasus terorisme tersebut.

Kapolres masih enggan berkomentar, apakah dari 58 tahanan yang dipindah tersebut adalah mereka yang berasal dari Rutan Mako Brimob beberapa waktu lalu. Dia juga mengaku belum mengetahui Rutan mana yang dituju rombongan pindahan tahanan teroris tersebut.

“Yang dipindahkan sekitar 58 orang. Ke mananya, kami masih menunggu dari pihak pengamanan yang tadi kami serahkan. Tugas Polres Cilacap dan Lapas Nusakambangan hanya melakukan pengamanan, dan menyerahkan kepada tim yang hari ini sudah tiba, yakni dari BNPT, Densus 88 dan Brimob Mabes Polri,” ungkapnya.

Kepala Lapas Batu Nusakambangan, Hendra Eka Putra mengatakan pemindahan ini dilakukan hanya kepada mereka yang berstatus tahanan.

“Tahanan semua, namun data-datanya ada di Jakarta, sehingga kami tidak tahu,” jelasnya.

Dari 58 tahanan itu, sembilan orang dari Lapas Besi, 24 orang dari Lapas Pasir Putih dan 25 orang dari Lapas Batu, termasuk dua perempuan beserta bayi berumur tiga bulan.

Senada dengan Kapolres, dia juga mengaku belum mengetahui rutan atau lapas mana yang menjadi tujuan pemindahan.

Terpisah, sumber Radarmas mengatakan, 58 tahanan kasus terorisme tersebut akan dibawa ke Rutan Gunung Sindur Bogor Jawa Barat. (nas/jpg)