Juara I Gotong Royong, Kedunggading Maju Provinsi

by -
Kedunggading Maju Provinsi
HANTARKAN - Budaya kegotongroyongan warga Desa Kedunggading mampu menghantarkan desanya juara I lomba Bulan Bakti Gotong Royong tingkat Kabupaten Kendal. NUR KHOLID MS / RADAR PEKALONGAN
Kedunggading Maju Provinsi
HANTARKAN – Budaya kegotongroyongan warga Desa Kedunggading mampu menghantarkan desanya juara I lomba Bulan Bakti Gotong Royong tingkat Kabupaten Kendal.
NUR KHOLID MS / RADAR PEKALONGAN

RINGINARUM – Desa Kedunggading, Kecamatan Ringinarum, menjadi juara I pelaksana terbaik lomba Bulan Bakti Gotong Royong tingkat Kabupaten Kendal. Juara ke- II diraih Desa Gondoharum, Kecamatan Pageruyung, dan juara III Desa Peron, Kecamatan Limbangan.

Piala atau tropi juara I diserahkan langsung Kepala Dispermasdes Kendal Subaidi kepada Kepala Desa Kedunggading Budiono di balai desa setempat, dan disaksikan oleh tim pemantau lomba Bulan Bakti Gotong Royong tingkat Provinsi Jawa Tengah, Jumat (11/5).

Penyerahan piala dilakukan bersamaan dengan ratusan warga melakukan normalisasi saluran irigasi Kali Kulon yang dikemas dalam giat Jumat Bersih. Normalaisasi juga turut melibatkan Babinsa dan polisi.

Kepala Dispermasdes, Subaidi, mengatakan, pelaksanaan lomba gotong royong tingkat Kabupaten Kendal digelar pada April hingga Mei. Yakni diikuti oleh seluruh desa di Kabupaten Kendal. Gotong royong yang selama ini ada di masyakat Indonesia merupakan budaya yang harus dilestarikan. Oleh karenanya digelarnya lomba gotong royong ini. Desa Kedunggading merupakan juara I pelaksana terbai lomba ini dan sekaligus berhak maju di lomba gotong royong tingkat provinsi Jawa Tengah mewakili Kabupaten Kendal.

Kepala Desa Kedunggading, Budiono, mengatakan, juara I lomba gotong royong tingkat Kabupaten Kendal merupakan hasil budaya kegotongroyongan yang sudah mengakar dan diterapkan oleh warganya. Dalam berbagai kegiatan desa selalu dilakukan secara bersama-sama secara sengkuyung oleh warga. Seperti halnya rutinitas kegiatan jumat bersih membersihkan saluran irigasi, makam, dan sarana umum lainnya.

“Bersihkan saluran irigasi seperti ini rutin kami lakukan setiap hari Jumat. Hanya momen-momen masa tanam dan penen warga istirahat tidak melakukan bersih bersih saluran irigasi. Sudah jadi kesepakatan warga. Programnya Jumat Bersih tidak hanya warga, saya, perangkat lainya dan pengelola lembaga desa lainya ikut terjun, ikut bersama warga nyemplung ke saluran irigasi ngangkat lumpur. begitu juga ketika melakukan bersih-bersih makam,” kata dia.

Camat Ringinarum, Ripurwanto, mengatakan, pola kegotongroyongan sudah dilakukan warga Desa Kedunggading dalam berbagai kegiatan yang ada di desanya. Hal ini yang mendorong pemerintah kecamatan tidak ragu-ragu menunjuk Desa Kedunggading diikutsertakan pada lomba Bulan Bakti Gotong Royong tingkat Kabupaten Kendal. (nur)

Penulis: Nur Kholid Ms | Radar Pekalongan
Redaktur: Widodo Lukito